Lampung Deklarasi Keterbukaan Informasi Pilkada 2018

Tanggal 22 Mar 2018 - Laporan - 619 Views
Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Lampung Didik Suprayitno menandatangani deklarasi keterbukaan informasi pilkada. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Pemprov Lampung mengapresiasi Deklarasi Komitmen Keterbukaan Informasi Pilkada Serentak di Provinsi Lampung pada 2018 di Bandarlampung, Kamis (23/3/2018).


Menurut Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Lampung Didik Suprayitno, deklarasi ini diharapkan dipegang teguh karena keterbukaan informasi menghasilkan transparansi, baik pembiayaan, pendanaan pilkada, maupun kampanye.


“Saya mengapresiasi dan mensupport kegiatan ini guna menciptakan pilkada yang bersih, transparan, aman dan damai,” jelasnya.


Didik menjelaskan kegiatan ini berdasarkan Undang-Undang 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. “Publik memiliki hak untuk mendapatkan akses informasi. Untuk itu, dibutuhkan keterbukaan informasi dengan prinsip transparansi, partisipatif dan akuntabilitas di setiap pelaksanaannya,” ujarnya.


Pada Pilkada serentak 2018, jelas Didik, tidak hanya pemilihan gubernur dan wakil gubernur, tetapi juga pemilihan bupati dan wakil bupati di Tanggamus dan Lampung Utara. 


“Saya berkomitmen pilkada serentak ini berjalan dengan baik. Karena salah satu tugas saya adalah memperlancar terlaksana pilkada ini," katanya. 


Untuk itu, dia berharap kepada semua pasangan calon untuk tidak menjadikan kegiatan ini sebagai sebuah seremonial dan formalitas, namun komitmen mentaati hukum dan undang-undang dan mensukseskan Pilkada 2018 dengan baik, jelasnya.


Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Fatihatul Khoiriyah, menjelaskan Deklarasi ini bukan sekadar kata-kata, namun kegiatan moral untuk melaksanakan pilkada dengan baik dan guna menghasilkan pemimpin yang mampu mensejahterakan masyarakat Lampung. 


“Kami berharap para stakeholder dan para Paslon dapat bersama menjalankan komitmen Deklarasi ini,” jelas Fatihatul.


Ketua Bawaslu menyatakan bertanggung jawab untuk memberikan kontribusi kepada Indonesia dan mewujudkan pilkada yang berintegritas. "Kita bersama-sama ingin membangun Lampung. Dan kita berharp Pjs. Gubernur Lampung mampu mengayomi kita semua sampai terpilihnya para kepala daerah,” ujar Fatihatul.


Sedangkan Ketua KPU Provinsi Lampung Nanang Trenggono menjelaskan komitmen deklarasi harus dilaksanakan. Kegiatan deklarasi ini adalah niat baik dari Komisi Informasi Provinsi Lampung agar pelaksanaan pilkada berjalan dengan baik. 


Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Provinsi Lampung, Dery Hendryan menjelaskan deklarasi yang dilaksanakan ini berdasarkan Undang-Undang 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Mengandung makna, seluruh badan publik, baik negara maupun non negara termasuk partai politik, KPU, Bawaslu dan pasangan calon. 


Dalam kesempatan itu, Pjs. Gubernur bersama Ketua DPRD Provinsi, Kapolda, Kejaksaan Tinggi, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Ketua DPC Peradi Bandarlampung dan kepala Ombudsman Perwakilan Lampung, menandatangani Deklarasi Keterbukaan Informasi Pilkada Serentak 2018.


Isi deklarasi tersebut adalah mentaati semua ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku; mengedepankan prinsip keterbukaan informasi publik dalam setiap Tahapan Pilkada; memastikan seluruh Tahapan Pilkada memenuhi prinsip akuntabilitas, dicatat dan dilaporkan penggunaan anggarannya dalam laporan dana kampanye; serta menjamin terpenuhinya hak publik atas informasi dan hak untuk berpartisipasi guna mensukseskan Pilkada Provinsi Lampung Tahun 2018. (rls)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pertemuan Surya Paloh dan Prabowo, Herman: Ja ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pertemuan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh ...


Jelang Pilkada, Kepala Daerah Dilarang Rollin ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Beberapa bulan ke depan, sejumlah daerah ...


Gerindra Lampung Belum Fokus Pilkada 2024, Gi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Nama-nama kader Gerindra Lampung kian ha ...


PAN Lampung Fokus Jaring Calon Kepala Daerah, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menghadapi pemilihan kepala daerah (pilk ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com