Cegah Tabrakan Maut Terulang, Polda Lampung Koordinasi dengan Ditjen Perhubungan Darat

Tanggal 23 Mar 2018 - Laporan - 947 Views
Kapolda Lampung Irjen Suntana saat press conference di Pelabuhan Bakauheni, Jumat (23/03)./Boby

Harianmomentum.com--Guna mencegah terjadinya kecelakaan atau tabrakan maut seperti di Jalan Trans Sumatera KM 21-22 Desa Tarahan Kecamatan Katibung Lampung Selatan, Kepolisian Daerah (Polda) Lampung akan berkoordinasi dengan pihak Direktorat Jendral (Ditjen) Perhubungan Darat terkait hal tersebut.

 

"Kita akan koordinasikan ke pusat, bagaimana upaya terbaik dalam pencegahan agar tidak terulang kejadian serupa," kata Kapolda Lampung Irjen Suntana saat press conference di Pelabuhan Bakauheni, Jumat (23/03).

 

Menurut dia, peristiwa kecelakaan Kamis (22/3) kemarin disinyalir akibat kurang sempurnanya rem dari kendaraan truk. "Hasil olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) sementara, kejadian itu karena rem truk yang bermasalah," kata Kapolda.

 

Oleh karena itu, pihaknya akan menyelesaikan masalah tersebut khususnya bersama dengan pihak Organda (Organisasi Angkutan Darat) dan asosiasi kendaraan-kendaraan besar, agar lebih peduli untuk memeriksa kelaikan kendaraan.

 

"Kita akan menyentuh Dirjen Perhubungan Darat juga yang di sini untuk bersama-sama. Untuk yang di wilayah Lampung itu sudah rutin dilaksanakan, tetapi kendaraan lain yang masuk ke wilayah kita itu bukan otoritas kewenangan kami di Provinsi Lampung," ungkapnya.

 

Menurut Suntana, kejadian tersebut bisa dijadikan sebagai pelajaran berharga terutama saat berkendara agar lebih berhati-hati. Secepatnya, pihaknya akan segera melakukan uji coba kelaikan kendaraan di Lampung.

 

"Semua kendaraan di sini akan kita periksa dahulu, terutama waktu-waktu tertentu apalagi menjelang lebaran. Tetapi harus kita manage dulu agar jangan ada kesan pelayanan publik dan mobilitas angkutan barang khususnya sembako menjadi terganggu," pungkasnya.(bob)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pencuri Motor Petani Karet Menyerahkan Diri k ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Seorang tersangka pencuri sepeda motor ( ...


Pelaku Curanmor Menyerahkan Diri ke Polres La ...

MOMENTUM, Lampung Tengah--Seorang pelaku pencurian sepeda motor ( ...


Istri Kerja di Luar Negeri, Ayah dan Kakek Ga ...

MOMENTUM, Natar--Dua laki-laki berinisial AM, 64 tahun, dan SH, 4 ...


Berawal dari Kerja Sama Bisnis, IRT Diduga Ge ...

MOMENTUM, Waypengubuan -- Seorang ibu rumah tangga (IRT) diamanka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com