Kepala OPD Lamsel Tanda Tangani Pakta Integritas

Tanggal 26 Mar 2018 - Laporan - 653 Views
Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan menyampaikan sambutan pada acara penandatanganan Pakta Integritas kepala organisasi perangkat daerah setempat.

Harianmomentum.com--Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Zainudin Hasan bersama seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat menandatangani Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja. Kegiatan berlangsung di Aula Krakatau kantor bupati setempat, Senin (26/03).


Menurut Zainudin, pakta integritas merupakan pernyataan komitmen pejabat kepada pimpinan yang harus dipahami secara menyeluruh. Selain itu, kegiatan itu sengaja dilaksanakan sebagai perwujudan bersama seluruh kepala OPD dalam upaya pencegahan korupsi  dan keterbukaan dengan pimpinan.

“Inilah komitmen pernyataan sikap saudara, sehingga tidak ada lagi yang mengatasnamakan bupati. Semua harus memahmi kegiatan ini, bukan semata hanya acara seremonial. Jangan kita menandatangani tetapi tidak tahu apa isinya,” kata Zainudin.

Zainudin juga meminta seluruh kepala OPD untuk memperkuat koordinasi antar lembaga. Setiap kepala OPD, wajib melaksanakan kegiatan tepat waktu dan tepat manfaat, agar dampak positifnya dapat dirasakan masyarakat.

“Saya ingin setiap kegiatan itu melibatkan dan punya manfaat bagi masyarakat. In Sya Allah dengan semua ini bisa meningkatkan kualitas kinerja kita” tutupnya.

Di tempat sama, Kepala Inspektorat Lamsel Joko Sapta menyampaikan, pakta integritas adalah komitmen pejabat kepada pimpinan untuk mengedepankan integritas diatas segala-galanya dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi.

 
Dia merinci, ada tujuh poin yang tertuang dalam pakta integritas tersebut: pertama menjaga citra dan kredibilitas institusi, memberi contoh kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas kepada sesama pegawai di lingkungan kerja masing-masing.

 

Kemudian, senantiasa berusaha memenuhi standar kerja/profesi, selalu meningkatkan kompetensi,proaktif dalam mencegah pemberatansan korupsi. 

 

Selanjutnya, menghindari gratifikasi, dan sebisa mungkin menghindari pertentangan kepentingan (conflict of interest), serta menyampaikan informasi penyimpangan integritas yang terjadi. (bob)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kirab Drumband dan Mobil Hias Meriahkan HUT k ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 ...


Hebat! Pemkot Metro Olah Sampah Organik Jadi ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, memaksimalkan pe ...


Waspada! Kasus DBD Terus Meningkat ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Lam ...


DLH Metro Tunggul AMDAL TPAS Sistem Controlle ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro  me ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com