ITW: Anies-Sandi Harus Mampu Atasi Kemacetaan Jakarta

Tanggal 20 Apr 2017 - Laporan - 980 Views
Ilustrasi. Foto: Google

Harianmomentum-- Anies Baswedan-Sandiaga Uno diharapkan sudah siap untuk mengimplementasikan strategi efektif untuk mengatasai kemacetaan di Ibukota Jakarta. Sehingga Jakarta tidak lagi berada pada posisi urutan ke tiga kota termacet di dunia.

 

"Warga Jakarta sudah sangat menderita akibat kemacetan yang setiap hari mendera ruas ruas jalan di ibukota," kata Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW), Edison Siahaan, Kamis (21/4), dikutip RMOL.CO.

Anies-Sandi dinyatakan unggul dari Basuki-Djarot pada Pilkada Jakarta 2017 putaran kedua, kemarin, berdasarkan hitungan cepat alias quick count semua lembaga survei.

Menurut Edison, masalah kemacetan menjadi prioritas utama yang harus diatasi. Oleh karena itu, strategi yang disampaikan oleh pasangan calon saat kampanye seperti moratorium berjangka penjualan kendaraan bermotor di Jakarta harus diwujudkan.
 
Sebab, penyebab utama kemacetan adalah pertumbuhan kendaraan bermotor yang tidak terkontrol, sehingga ruas dan panjang jalan tidak lagi mampu menampung. Kemudian kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat yang masih sangat rendah serta lemahnya penegakan hukum.

"Pemimpin terpilih DKI Jakarta, harus berani melakukan upaya yang ekstrim serta meningkatkan kualitas koordinasi yang baik dengan pihak kepolisian," ujar Edison.
 
ITW menilai, selama ini Pemprov Jakarta menjadikan pembangunan infrastruktur serta upaya pembatasan gerak kendaraan sebagai upaya prioritas. Sementara pembatasan jumlah kendaraan sama sekali tidak dilakukan. Serta mengabaikan pembangunan kesadaran tertib lalu lintas masyarakat Jakarta. Hasilnya, kesemrautan dan kemacetan menjadi menu setiap hari bagi warga ibukota.
 
Edison mengingatkan, upaya untuk mengatasi kemacetan harus dapat menjadi solusi efektif yang langsung pada substansi permasalahan. Sedangkan pembangunan infrastruktur hendaknya harus berdasarkan kebutuhan, bukan karena keinginan.
 
"Kalau mengikuti keinginan, kita akan bangun jalan bertingkat delapan di langit Jakarta. Tetapi apakah itu sudah menjadi kebutuhan? Kan belum," kata Edison.
 
ITW berharap kehadiran Gubernur dan wakil Gubernur terpilih, menjadi energi baru bagi Pemprov Jakarta sehingga dapat mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas di ibukota. (Red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


FKPPIB: “Pilih Kepala Daerah yang Peduli BU ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Aneka masalah yang membelit perusahaan B ...


Masifkan Dukungan Parpol, Hanan A Razak Samba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Politisi Golkar yang namanya terdaftar s ...


KPU Tanggamus Buka Pendaftaran Calon PPK ...

MOMENTUM, Tanggamus--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus membuk ...


Nyalon Bupati, Mantan Pj Bupati Pringsewu Amb ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Berangkat dari pengalaman menjadi Penjabat ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com