Kebijakan Nota Dinas Disoal, Bupati Mesuji Klaim Selamatkan Uang Negara Rp89 Miliar

Tanggal 24 Apr 2018 - Laporan - 1323 Views
Bupati Mesuji Khamami. Foto: ist

Harianmomentum.com--Bupati Mesuji Khamami menyatakan telah menyelamatkan uang negara hingga Rp89 miliar melalui kebijakan penerapan nota dinas untuk proses pencairan setiap kegiatan pembangunan.

 

Pernyataan tegas itu disampaikan untuk menjawab kritik beberapa anggota DPRD Mesuji yang menilai penerapan kebijakan nota dinas menghambat proses pencairan dana pembanguan.

 

"Karena pakai nota dinas ini, kita bisa ada sisa saldo sampai Rp89 miliar. Artinya kita berhasil menyelamatkan uang negara," kata Khamami pada harianmomentum.com Selasa (24/4).

 

Menurut Khamami,  tidak benar bila kebijakan penerapan nota dinas itu dianggap telah menghambat proses pencairan dana kegiatan pembangunan. Justru penerapan itu, dia lakukan semata untuk menyelamatkan para pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Mesuji dari kemungkinan terjerat masalah hukum.

 

"Demi Allah ini semata-mata karena untuk mengontrol keuangan daerah agar lebih efektif dan efesien. Kalau tidak begitu, bisa bablas anggaran daerah. Itu yang justru bisa membuat pejabat terjerumus dan tersangkut persoalan hukum,"  terangnya.

 

Dia menjelaskan, sistem nota dinas untuk pencairan dana kegiatan pembangunan, telah diterapkan sejak September 2013.  

 

Penerapan tersebut  berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Mesuji Nomor: 52 Tahun 2013 tentang sistem dan prosedur keuangan daerah. Selain itu juga mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 58 Tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah.

 

"Jadi semisal ada pejabat yang tak suka dengan pola nota dinas ini. Itu karena, mereka tak bisa bermain melakukan bancaan dalam anggaran yang dikelola dinas," tegasnya. (ish)

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkab Mesuji akan Bangun Jembatan Penghubung ...

MOMENTUM, Mesuji -- Besok, Jumat 29 Maret 2024, Penjabat Bupati M ...


Perdagangan dan Jasa di Metro Serap 35,53 Per ...

MOMENTUM, Metro--Sektor perdagangan dan jasa mendominasi lapangan ...


Kabar Gembira, THR ASN Pemprov Cair Pekan Dep ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi para aparatur sipil n ...


Bersama Pj Ketua PKK, Firsada Safari Ramadan ...

MOMENTUM, Panaragan -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com