Dua Istri Menteri Sosialisasi Pencegahan Kanker Serviks di Ambon

Tanggal 25 Apr 2017 - Laporan - 1148 Views
Ilustrasi. Foto: Google

Harianmomentum-- Istri Menpora, Shobibah Rohmah dan istri Menaker, Marifah Hanif Dhakiri yang tergabung dalam OASE tiba di Bandara Pattimura, Ambon, Provinsi Maluku, Selasa pagi (25/4).

 

Kehadiran dua istri menteri tersebut dalam rangka Evaluasi Program Nasional Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker dengan mengunjungi beberapa puskesmas yakni, Puskesmas Waihaong, Puskesmas CH. Tiahahu, Puskesmas Passo dan Klinik Mulia.

Pada sambutannya di Puskesmas Waihaong, Shobibah mengingatkan bahwa kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dan dijaga. 

Saat ini, kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang menyebabkan kematian tingkat teratas pada wanita dibandingkan kanker lainnya. 

"Data rumah sakit sentral Indonesia menunjukkan bahwa terdapat 15 ribu pasien baru kanker leher rahim setiap tahunnya, dan 8 ribu di antaranya meninggal," kata Shobibah, dikutip RMOL.CO.

Secara statistik, lanjut Shobibah, hampir setiap satu jam terdapat satu perempuan yang meninggal kanker rahim. Perbandingannya, di dunia setiap dua menit meninggal akibat kanker serviks. 

Sebagian besar kanker serviks disebabkan oleh penularan Human Papilloma Virus tipe 16 dan 18. 

"Deteksi dini membantu kita mengambil langkah pencegahan ataupun pengobatan apabila diketahui ada gejala kanker serviks pada diri kita," tambahnya. 

Ia pun berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dan mendukung agar pelaksanaan Iva Tes di daerah Waihaong dapat terlaksana dengan baik. 

"Saya harap kegiatan seperti ini dapat terus ditingkatkan, sehingga menjangkau lebih banyak wanita Indonesia untuk dapat melaksanakan pemeriksaan dini kanker serviks. Mari kita periksakan diri, deteksi dini kanker serviks untuk mewujudkan kartini-kartini Indonesia yang sehat," ujarnya. 

Marifah memastikan hasil laporan ini nanti akan disampaikan OASE. 

"Kami harap perempuan Maluku tergerak untuk ikut Iva Tes. Karena seoarang Ibu atau perempuab harus sehat dan cerdas. Kita dari ibu-ibu kabinet kerja akan terus membantu kegiatan ini agar bisa berjalan dengan baik dan maksimal," kata Marifah.

Kehadiran rombongan disambut istri Wakil Gubernur Welly Sahuburuang, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Ike Pontoh, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Maluku Wepia Huwae, Kadis Pertanian Diana Padang.(Red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com