PLN akan Bangun Gardu Induk Tegangan Tinggi di Pesawaran

Tanggal 30 Mei 2018 - Laporan - 1136 Views
Ilustrasi. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Tbk. akan membangun satu lagi Gardu Induk Tegangan Tinggi (GITET) 275 kv di Desa Sribawono Kabupaten Pesawaran.

 

Dalam pelaksanaannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung masih menunggu kelengkapan dokumen dari PLN terkait izin lingkungan atau analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal). Setelah itu, dilakukan penetapan lokasi (penlok) atas persetujuan Gubernur Lampung. 

 

Kepala Biro Administrasi dan Pembangunan Provinsi Lampung Zainal Abidin mengungkapkan, setelah pembebasan lahan seluas 6,25 hektare dilakukan dan izinnya lengkap, serta ditentukan penloknya, kemudian dibentuk tim persiapan pengadaan lahan dan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat.

 

"K ami menyarankan agar PLN segera melengkapi dokumen, jangan sampai sudah bentuk tim persiapan dan disosialisasikan, ternyata izinnya tidak keluar. Bahkan, jika gubernur telah menetapkan lokasi, namun tak jalan dan mangkrak karena izin lingkungannya tak terbit,” ujar Zainal usai rapat rencana pembangunan GITET, di Ruang Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Rabu (30/5).

 

Dia berharap, meski pembangunan gardu induk ini merupakan program strategis nasional yang perlu percepatan, namun tetap harus mematuhi kaidah peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Namun demikian, Zainal bersyukur karena PLN sedang memproses perizinannya di Dinas Lingkungan Hidup di Kabupaten Pesawaran.

 

"Setelah lengkap semua, dokumen itu kita serahkaan ke BPN untuk pelaksanaan pengadaan tanah dan pembayaran ganti rugi pada masyarakat. Kita juga gak mau memberi ganti rugi ke masyarakat dan masyarakat sudah menerima duit tetapi dari prinsip lingkungan belum bisa dibangun. Kita harapkan pada 2018 sudah terbangun, karena di 2019 gardu induk ini harus berfungsi, " kata dia.

 

Sementara Deputi Manajer Pertanahan, PLN Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan (UIP SBS) Agung Teguh Setiyoso mengungkapkan, proses pengerjaan GITET ini akan dilaksanakan setelah dilakukan proses lelang. Saat ini masih tahap pembebasan tanah.

 

Dia menyadari masih ada dokumen yang belum dilengkapi sebagai syarat untuk dibangunnya GITET ini. "Masih kita proses di Dinas Lingkungan Hidup di Pesawaran, kami juga ingin secepatnya ini bisa selesai agar masyarakat bisa menikmati dari pembangunan GITET yang merupakan transmisi evakuasi daya dari Mesuji ke Sribawono," pungkasnya. (ira)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Safari Ramadan, Direktur Pemasaran PTPN Holdi ...

MOMENTUM, Bungamayang--Direktur Pemasaran PTPN III Holding Dwi Su ...


'Ngabuburit' Sambil Melihat Satwa di Lembah H ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hija ...


Lenovo Hadirkan Think Station P8, Workstation ...

MOMENTUM, Jakarta -- Lenovo meluncurkan Think Station P8 di Indon ...


BI Lampung Layani Penukaran Uang di Kapal Pel ...

MOMENTUM, Lampung--Bank Indonesia Provinsi Lampung memperluas lay ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com