Datangi Kantor PWI Pesibar, Oknum Sat Pol PP Bersikap Arogan

Tanggal 06 Jun 2018 - Laporan - 992 Views
Sejumlah oknum anggota Sat Pol PP Kabupaten Pesisir Barat mendatangi kantor PWI setempat.

Harianmomentum.com--Pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Provinsi Lampung dikejutkan dengan kedatangan sejumlah anggota Satuan Polisi Pamong Praja ke kantor PWI setempat, Rabu (6/6/2018).

 

Para anggota Sat Pol PP tersebut, tiba-tiab datang dan bersikap arogan. Mereka tidak terima dengan kinerja salah satu wartawan yang mengkonfirmasi program kegiatan operasi lingkungan yang dilakasanakn Sat PolPP Pesibar yang digelar setiap malam.

 

"Kami ke sini sebagai satu kesatuan tidak menerima adanya sajian pertanyaan oleh wartawan yang bertanya dengan pertanyaan yang kami yakini itu tidak ada," ucap Martin salah satu anggota Sat Pol PP dengan nada tinggi kepada para wartawan di kantor  PWI Pesibar.

 

Martin yang mengaku sebagai komandan pleton Sat Pol PP itu, tidak terima dengan adanya oknum wartawan yang mengkonfermasi kegiatan operasi lingkungan yang mereka lakukan.

 

"Kami rutin operasi lingkungan, itu merupakan tugas dan kami tidak bisa terima ketika ada wartawan yang bertanya macam-macam tentang kegiatan kami itu," kata Martin.

 

Informasi yang dihimpun harianmomentum.com menyebut, beberapa waktu lalu salah seorang wartawan media cetak yang juga anggota PWI setempat, bertanya kepada Tedi anggota Sat Pol.PP, terkait hal apa saja yang dilaksanakan dalam kegiatan operasi lingkungan tersebut.

 

Selanjutnya, menurut Tedi, ada pertanyaan dari wartawan itu tentang informasi dugaan tindakan pelecehan oknum Sat Po .PP terhadap objek operasi (perempuan).

 

"Ya wartawan, nanya ke saya bahwa ada info kita dalam melaksanakan operasi malam diduga melakukan tindakan pelecehan. Ya, saya gak terima ditanya seperti itu," tutur Tedi di kantor PWI Pesibar.

 

Menyikapi masalah tersebut, Ketua PWI Pesibar Agustiawan mengatakan, perlunya pemahaman seluruh elemen termasuk Sat Pol PP  tentang tugas dan fungsi wartawan.

 

"Tak hanya teman-teman Sat Pol.PP, yang lain juga harus tau bahwa bertanya (konfirmasi) lalu menulis, begitulah kerja wartawan. Perihal cerita bahwa ada teman kita bertanya, benar atau tidaknya pertanyaan itu. Ya itulah pertanyaan, dan itu sah sebagai tugas wartawan. Hak narasumber menjawab, silakan dengan jawaban apa saja," kata Agustiawan.

 

Agustiawan menyesalkan, sikap sejumlah anggota Sat Pol PP Pesibar yang datang ke kantor PWI setempat dengam mengabaikan etika. 

 

"Datang ujuk-ujuk tanpa salam dan etika, bicara tanpa tatanan dan pergi tanpa permisi. Apa sikap seperti itu bisa kita jadikan contoh. Sat Pol PP itu penegak perda. Harusnya bisa memberikan contoh etika yang baik," terangnya.

 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sat Pol PP  Pesibar Cahyadi Moe'is, saat dikonfermasi melalui telepoon, mengakui belum mengetahui kejadian tersebut. Dia berjanji segera memanggil beberapa anggota Sat Pol PP  yang terlibat dalam aksi ke kantor PWI Pesibar.

 

"Segera akan dipanggil dan diperiksa secara kedinasan. Secepatnya akan ada klarifikasi kepada PWI Pesibar," kata Cahyadi.

 

Cahyadi juga mengatakan, jika memang anggotanya melakukan tindakan yang kurang pantas, pihaknya siap menyatakan permohonan maaf.

 

"Kita siap menyampaikan permohonan maaf kalau memang anggota saya salah, tapi yang jelas akan dipanggil dulu," kata Cahyadi. (asn)

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dua Tersangka Korupsi BUMAKAM Tak Ditahan, Po ...

MOMENTUM, Bandaralampung--Dua tersangka korupsi di Badan Usaha Mi ...


Perkara Tipu Gelap Tiga Unit Mobil Mewah, BIN ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Nege ...


Polisi Limpahkan Perkara Narkoba ke Kejari Pr ...

MOMENTUM, Pringsewu--Satnarkoba Polres Pringsewu melimpahkan lima ...


Jadi Saksi di PTUN Bandarlampung, Tony Eka Ca ...

MOMENTUM, Bandarlampung-- Sidang lanjutan gugatan tanah milik Zai ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com