Bulog: Stok Beras Lebaran Aman

Tanggal 07 Jun 2018 - Laporan - 811 Views

Harianmomentum.com--Perum Bulog Divre Lampung menyatakan stok beras masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi Idul Fitri 1439/2018.

 

Humas Bulog Divre Lampung, Rifki mengatakan, stok beras di Gudang Perum cukup untuk memenuhi kebutuhan penyaluran sampai dengan 15 bulan ke depan.

 

"Sampai dengan saat ini pun, kami (Perum Bulog) Divre Lampung masih terus melakukan penyerapan (pembelian) gabah atau beras hasil produksi petani dan pengolahan oleh mitra-mitra penggilingan padi yang ada di Provinsi Lampung," kata Rifki saat Buka Bersama di Batiqa Hotel Lampung, Kamis, 7 Juni 2018.

 

Ia mengungkapkan, pada 2018 ini Perum Bulog Divre Lampung ditargetkan dapat menyerap 115 ribu ton beras. Atau rata-rata sekitar seribu ton per hari. "Hingga kemarin (6 Juni 2018) total beras yang diserap Perum Bulog Divre Lampung mencapai 58.400 ton atau sekitar 50,78 persen dari target," katanya.

 

Dengan melihat rata-rata pemasukan per-hari ditambah dengan pada beberapa daerah masih akan terdapat panen, Perum Bulog Divre Lampung optimistis akan mencapai target yang ditetapkan, ungkap Rifki.

 

Selain itu, untuk menyetabilkan harga pangan, Bulog bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Provinsi Lampung, Pemerintah Kota dan Kabupaten dengan menggelar pasar murah selama Ramadan. "Hal ini untuk menjaga stabilitas harga pangan dan menjamin keterjangkauan harga bagi masyarakat," kata dia.

 

Beberapa produk yang dijajakan dalam pasar murah, antara lain, gula, minyak goreng, terigu, beras, dan telur. Komoditi beras medium pada Mei ini memberikan andil sehinga Provinsi Lampung mengalami deflasi sebesar -0.09% (beras 0.15%)

 

Hal ini sesuai dengan pantauan ketersediaan beras medium di pasaran sehingga tidak terjadi gejolak kenaikan harga di pasar. Pantauan terakhir, harga beras medium di pasaran antara Rp8.800 -Rp9.300 per kg. “Kami (Perum BULOG) akan terus melakukan upaya menjaga ketersediaan dan stabilisasi pangan pokok khususnya beras," tandasnya. (ica)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Safari Ramadan, Direktur Pemasaran PTPN Holdi ...

MOMENTUM, Bungamayang--Direktur Pemasaran PTPN III Holding Dwi Su ...


'Ngabuburit' Sambil Melihat Satwa di Lembah H ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hija ...


Lenovo Hadirkan Think Station P8, Workstation ...

MOMENTUM, Jakarta -- Lenovo meluncurkan Think Station P8 di Indon ...


BI Lampung Layani Penukaran Uang di Kapal Pel ...

MOMENTUM, Lampung--Bank Indonesia Provinsi Lampung memperluas lay ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com