Dana CSR Diduga Mengendap, Warga Sindanggunung Tiga Demo PT SIP

Tanggal 05 Jul 2018 - Laporan - 1083 Views
Aksi demonstrasi warga Desa Sindanggunung Tiga di depan Kantor PT SIP, Kecamatan Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji.

Harianmomentum.com--Dana  tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social tesponsibility (CSR)  PT Sumber Indah Perkasa (SIP) diduga mengendap tak tersalurkan.

 

Dugaan pengedapan dana tersebut mencuat dalam aksi demonstrasi warga Desa Sindanggunung Tiga, Kecamatan Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung. Aksi demonstrasi itu digelar di depan kantor PT SIP, Kamis (05/07/2018).   

 

Kepala Desa Sidanggunung  Tiga Yusuf Arrasulli mengatakan, selama tujuh menjabat kepala desa, tak pernah meneriam bantuan CSR dari PT SIP, meski desanya merupakan desa penyangga perusahaan tersebut.

 

"Saya tidak tahu ngendap di mana, tapi sepengetahuan saya selama tujuh tahun menjabat kades, tidak ada CSR dari perusahaan itu, berupa uang atau bangunan, tak ada kejelasan," kata Yusuf pada harianmomentum.com, di sela aksi demonstrasi warga setempat di depan kantor PT SIP,  Kamis (05/07/2018).

 

Selain itu, menurut Yusuf, PT SIP juga sangat minim menyerap tenaga kerja lokal dari wilayah kawasan perusahaan tersebut. 

 

"Saya tak menampik memang ada beberapa orang warga Desa Sidanggunung Tiga i yang jadi pekerja di perusahaan itu. Tapi itu hanya beberapa orang saja dan sebagai buruh kontrak. Ini ak sebanding dengan tenaga kerja dari  luar," terangnya.

 

Menurut dia, aksi demonstrasi warga itu untuk menuntut transparasi penyaluran dana CSR  PT SIP ke Desa Sindanggunung Tiga. “Kami hanya menuntut transparasi penyaluran CSR untuk desa kami dan peningkatan penyerapan tenaga kerja lokal,”  jelasnya.

 

Dia mengatakan, warga tidak akan berhenti memperjuangkan tuntutan mereka, sampai pihak perusahaan memenuhi kewajiban CSR untuk desa setempat.

 

 "Belum ada hasil dari tuntutan kami itu. Pihak perusahaan belum memberi tanggapan. Janjinya dalam satu sampai dua minggu ini. Warga tidak akan berhenti, memperjuangkan hak CSR ini,” tegasnya.

 

Manager PT SIP, saat dikonfirmasi melalui telepon, enggan berkomentar. Meseki handphone-nya dalam kondisin aktif, namuan yang bersangkut tak mengangkat panggilan telepon. Pesanan singkat (SMS) yang  dikirim pun tak dibalas.

 

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mesuji,   terkesan kurang transparan tekait masalah CSR PT SIP. Bappeda sebagai organisasi perangkat daerah yang  membidangi permasalahan tersebut justru tidak memiliki input data mengenai CSR setiap perusahaan  di wilayah Kabupaten Mesuji.

 

"Terkait CSR PT SIP, gimana ya, saya juga kurang paham ada atau tidaknya.  Untuk tahun ini, kita memang belum dapat laporan dari perusahaan terkait rencana dan realisasi CSR mereka, “ kata  Sekretaris Bappeda Mesuji Irhandi Juanesvant pada harianmomentum.com.  

 

Irhandi juga mengaku tida mengetahui secara jelas tekait penyaluran dana CSR PT SIP pada tahun-tahun sebelumnya.

 

“Tahun-tahun sebelumnya saya juga kurang tahu presis, karena belum ada laporannya. Namun seingat saya pernah ada CSR dari PT SIP. Mereka pernah membangunkan klinik, tapi sepertinya itu sudah lama, saya lupa tahun berapa," terangnya.

 

Dia menyebut selama ini, setiap perusahaan tidak tertib dan enggan menyerahkan laporan terkait realisasi CSR.  Dia menduga penyebabnya, karena perusahaan menilai bantuan sejenis uang atau bantuan sosial yang mereka berikan kepada masyarakat adalah sebagai bentuk CSR. 

 

Padahal sejatinya tidak.  CSR bukanlah seperti itu, melaikan bantuan semacam kegiatan pembangunan yang mengerakan ekonomi masyarakat din sekitar perusahaan.

 

"Tahun ini akan kita benahi mengenai itu semua. Telah disepakati rencananya setiap kegiatan yang direncanakan perusahaan sebagai bentuk penyaluran CSR, terlebih dahulu dilaporkan ke Bappeda," jelasnya. (ish)

 


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kapolres Pimpin Sertijab 10 Kapolsek di Lamte ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnom ...


Penuhi Kepercayaan Masyarakat, Polres Lampung ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Satuan Reskrim (Satreskrim) Polres Lampung ...


Kajari Lampura Ajak Wartawan Ikut Kegiatan So ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lampung Ut ...


Salah Paham Berujung Maut, Seorang Pemuda di ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Bermula dari saling ejek dijalan saat meng ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com