JTTS Lampung Kelar Sebelum Asian Games?

Jalan Tol Trans Sumatera di Lampung. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Perhelatan Asian Games 2018 yang juga digelar di Sumatera Selatan semakin dekat, 18 Agustus - 2 September mendatang. Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang diharapkan turut menunjang pelaksanaan pesta olahraga se-Asia, tampaknya sulit terwujud.

 

Hal itu jika dilihat dari proses pembangunan yang sudah dicapai saat ini, terutama JTTS dari Bakauheni, Lampung Selatan hingga Pematangpanggang, Suamtera Selatan.

 

Pekerjaan fisik jalan tol Bakauheni-Mesuji dilaksanakan dalam dua tahap. Pertama, Bakauheni-Terbanggibesar (Lampung Tengah). Kedua, ruas Terbanggibesar-Pematangpanggang.

 

Selain belum seluruhnya tuntas, pembangunan JTTS ruas Bakauheni-Terbanggibesar masih dimungkinkan dikebut dalam tempo sekitar sekitar satu setengah bulan.

 

Namun, dibutuhkan kerja estra keras untuk menyelesaikan JTTS wilayah Lampung rua kedua. Pasalnya, masih banyak persoalan terutama soal pembebasan lahan.

 

Pimpinan Proyek JTTS tahap II Terbanggibesar-Pematangpanggang Bambang Eko mengatakan, berdasarkan laporan, ada beberapa hal yang harus dikejar, salah satunya mengenai pembebasan lahan.

 

Dia mengungkapkan, sedikitnya ada 12 bidang lahan yang belum terselesaikan. Satu bidang di Terbanggibesar, sisanya ada di Gunungagung, Terusannunyai di lahan I.

 

Sementara di lahan II, lebih banyak yakni 126 bidang yang tersebar di Menggala, Bandaragung dan Pagardewa. Sementara di PPK lahan III masih 110 bidang yang masih belum bebas tersebar di Wayserdang dan Simpangpematang.

 

“Terget bebas lahan 100 persen di bulan Juli. Kita koordinasi dengan semuanya mudah-mudahan awal juli ini masuk proses konsinyasi semua,” ungkapnya, Kamis (5/7).

 

Bambang menjelaskan, untuk pengerjaan fisik sendiri baru menyentuh angka 47,3 persen. Di mana, jika ditotal secara keseluruhan, pekerjaan ini dari total panjang 112.36 Km, realisasi keseluruhan hingga akhir Juni, sudah masuk 65,93 persen.

 

Sementara Sekretaris Tim Percepatan Pembanguan JTTS Lampung Zainal Abidin mengaku sudah melakukan upaya komunikasi dengan semua pihak agar bisa mengejar paling tidak penggunaan sebelum Asian Games dimulai. ”Insya Allah bisa terlintasi sebelum Asian Games kok,” ujar dia

 

Terkait pembebasan lahan secara keseluruhan, Zainal mengatakan, sudah masuk tahap akhir dan menunggu finalisasi saja.

 

”Jadi sudah masuk ke pengadilan semua yang belum. Tinggal menunggu hasil saja kok," tutupnya. (ira).

Berikan Komentar