Bawaslu Pesawaran Rekrut Seribu Lebih Pengawas TPS

Tanggal 06 Okt 2020 - Laporan - 592 Views
Divisi sumber daya manusia dan organisasi pada Bawaslu Pesawaran, Ali Nurdin. Foto. Rifat.

MOMENTUM, Gedongtataan--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran, akan merekrut sebanyak 1021 petugas pengawas tempat pemungutan suara (TPS).

Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Bawaslu Pesawaran, Ali Nurdin mengatakan, perekrutan pengawas TPS itu dibuka sejak tanggal 3 sampai dengan 15  Oktober 2020 mendatang. 

"Jadi, tidak ada pembatasan untuk jumlah pendaftar di setiap TPS. Minimal setiap TPS dua orang pendaftar agar bisa dilanjutkan tahapan seleksi. Jadi total pendaftar diperkirakan berjumlah 2042," jelasnya. Selasa (6-10-2020).

Ia menambahkan, jika sampai batas waktu yang ditentukan belum juga terpenuhi, pihaknya akan memperpanjang waktu pendaftaran.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai pengawas TPS, ada persyaratan yang harus di penuhi, diantaranya: pendidikan minimal SMA dan usia minimal 25 tahun dan tidak terdaftar sebagai anggota partai dengan melampirkan surat pernyataan yang di tandatangani di atas materai.

"Jadi masyarakat dapat mendaftarkan diri bisa langsung ke kantor Panwascam ataupun bisa mendaftar melalui email resmi milik Panwascam, dan kalau ingin melihat persyaratan bisa melihat di web resmi milik Bawaslu Pesawaran," tuturnya.

"Dalam perekrutan ini juga, kita melakukan tes wawancara,  setiap orang yang mendaftar dan telah melengkapi persyaratan akan langsung dilakukan wawancara, dengan materi dasar pengetahuan pilkada," tambahnya.

Menurutnya, Bawaslu setempat juga telah melakukan sosialisasi terkait pendaftaran pengawas TPS ini, dengan cara menempelkan selembaran di kantor-kantor desa.

"Dengan disosialisasikannya ini, diharapkan adanya peran aktif masyarakat untuk dapat terlibat dalam pengawasan penyelenggaraan Pilkada, sehingga dapat terciptanya Pilkada yang aman, nyaman dan damai," katanya.

Laporan: Rifat Arif 

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


KPU Lampura Tetapkan 45 Caleg Terpilih Pemilu ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampu ...


Mantan Bupati Lampung Timur Daftar Cawagub di ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN, Irfan ...


Herman HN Lamar Jadi Bakal Cagub Lewat Demokr ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua DPW Nasdem Lampung, Herman HN mela ...


Gelar Nobar Piala Asia U23, Rahmat Mirzani Di ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kegiatan nonton bareng (nobar) pertandin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com