Harga Beras Naik, Pemkab Lampura akan Gelar Operasi Pasar

Tanggal 15 Jan 2018 - Laporan - 784 Views
Pedagang beras di Pasar Senteral Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara.

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara akan menggelar operasi pasar untuk menstabilkan harga beras yang akhir-akhir terus merangkak naik. 


Pelaksan Tuga (Plt) Asisten II  Sekretariat Pemkab Lampura Syahrizal Adhar mengatakan, sebulan terakhir kenaikan harga beras di pasaran kabupaten setempat, sudah mencapai kisaran 20 persen dari harga normal. 


“Kita pantau terus perkemb angan harga, jika masih tetap tinggi, kita gelar operasi pasar,” kata Syahrizal usai rapat koordinasi dengan dinas perdagangan dan  bagian ekonomi pemkab setempat, Senin (15/1). 


Menurut dia, saat ini cadangan beras di kabupaten setempat  mencapai 100 ton. “ Hasil koordinasi dengan bulog, kita masih punya cadangan seratus ton beras  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.  

 
Kepala Dinas Perdagangan Lampura Wan Hendri mengatakan, kenaikan harga beras yang tinggi akan berdampak negatif terhadap perekonomian masyarakat. Saat ini, lanjut dia, harga beras kualitas medium, naik menjadi Rp10 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp9.450 per kilogram. 


"Operasi pasar yang akan kita gelar, tentu melibatkan bulog. Harga jual pun hanya Rp8.500 per kilogram. Teknisnya, bulog akan mendistribusikan beras ke pedagang yang telah menjadi mitra bulog. Operasi pasar ini pun akan dipantau oleh satgas pangan Lampung Utara,”  kata Wan Hendri. 


Pantauan di Pasar Sentral Kotabumi, kenaikan harga beras sudah terjadi  selama satu bulan. Dedi (45) pedagang beras di pasar tersebut mengatakan, pemicu kenaikan harga karena kurangnya pasokan dari distributor. 


"Untuk beras kualitas rendah ukuran karung 10 kilogram, sekarang  Rp105 ribu. Sebelumnya hanya Rp95 ribu.  Kualitas sedang kita jual Rp110 ribu, sebelumnya Rp97 ribu.  Kalau kualitas baik, sekarang Rp140 ribu per sak. Sebelumnya hanya Rp125 ribu,” paparnya. (ysn)

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


Paca Idulfitri, PLN Nusantara Power Pastikan ...

MOMENTUM, Tarahan -- PLN Nusantara Power (PLN NP) memastikan selu ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com