Tim Unhan Survei Lokasi Industri Pertahanan di Tanggamus

Tanggal 16 Jan 2018 - Laporan - 936 Views
Bupati Tanggamus Hi Samsul Hadi dan Tim Survei Universitas Pertahanan. (foto: day).

Harianmomentum.com - Rencana pemerintah membangun industri pertahanan di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung terus dimatangkan. Setelah kunjungan Menhan Ryamizard Ryacudu Agustus 2017, kini giliran akademisi dari Universitas Pertahanan (Unhan) yang akan melakukan riset.

Sebelum melakukan riset, tim survei Unhan yang dipimpin Wakil Dekan Fakultas Teknologi Pertahanan Brigjend TNI Dr. Deni D. A. R lebih dulu melakukan survei lokasi. Diawali pertemuan jajaran Unhan dengan Bupati Tanggamus Hi Samsul Hadi di ruang rapat utama bupati, Selasa (16/1).

Setelah mendapatkan penjelasan dari Bappeda Tanggamus, rombongan Unhan didampingi Asisten Bidang Pemerintahan Paksi Marga, Asisten Bidang Ekobang FB Karjiyono dan Plt Kasdim 0424 Mayor Sutoto, menuju Kecamatan Limau yang menjadi salah satu lokasi rencana pembangunan industri pertahanan.

Dr. Deni mengatakan, Unhan merupakan perguruan tinggi pasca sarjana di bawah Kemenhan, tertarik dengan Kabupaten Tanggamus sebab di sini akan dibangun kawasan industri pertahanan, sementara Unhan memiliki Fakultas Teknologi Pertahanan.

"Kami membuat kajian akademis untuk memberikan masukan kepada Menhan. Di samping itu, tugas Unhan sebagai think tank  (wadah pemikiran). Kami berharap masyarakat, pemda dan semua unsur memberikan data faktual sesuai realisasi di lapangan," katanya.

Riset yang dilakukan tim Unhan diaplikasikan dalam Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) yang berlangsung pada 26 Feb-2 Maret 2019. Tim terdiri dari 41 mahasiswa, 21 unsur pimpinan Unhan, seperti dekan, wakil dekan dan guru besar.

Sementara hasil kajiannya akan disampaikan kepada Menhan untuk selanjutnya dilaporkan kepada Presiden RI. "Membangun kawasan industri pertahanan harus ada penelitian yang komprehensif," ujarnya

Deni menilai positif terhadap Tanggamus yang akan dijadikan lokasi industri pertahanan. Karena letak dan perairannya mendukung. Selain Lampung juga strategis, masyarakat dan pemdanya mendukung.

Termasuk dalam industri pertahanan yang akan dibangun di Tanggamus, mencakup PT Pindad, PT. Dirgantara Indonesia (DI) dan PT PAL. Yang tidak mungkin lagi dikembangkan di Pulau Jawa.

Sementara Bupati Tanggamus menyatakan mendukung penuh riset yang dilakukan Unhan. "Hal ini memang sudah dinanti-nanti, kami pemkab siap mendukung penuh," kata Samsul. (day)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


Paca Idulfitri, PLN Nusantara Power Pastikan ...

MOMENTUM, Tarahan -- PLN Nusantara Power (PLN NP) memastikan selu ...


Denny Ramadhan: “Aksi Korporasi PTPN Group ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pasca pembentukan Holding pada 2014, PT ...


Optimalisasi Aset Potensial, Menjadi Fokus Ut ...

MOMENTUM, Medan -- Setelah melebur ke dalam Supporting Co, P ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com