Tingkatkan Kompetensi, IIB Darmajaya Kirim Tiga Dosen Belajar Ke DIY

Tanggal 25 Mar 2019 - Laporan - 899 Views
Tiga dosen IIB Darmajaya yang belajar ke DIY. Foto: ist

Harianmomentum.com--Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya terus melakukan peningkatan kompetensi para pengajar (dosen) di kampus setempat.

Teranyar, IIB Darmajaya mengirimkan tiga dosennya ke kantor Inixindo Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mengikuti pelatihan peningkatan sumber daya manusia (SDM) selama lima hari.

Ketiga dosen tersebut yakni Bayu Nugroho, Sulyono dan Nurjoko. Mereka mendapatkan materi pelatihan dan instruktur yang berbeda, mulai 28 Februari–1 Maret 2019 lalu.

Nurjoko mengatakan, materi pelatihan yang diperoleh dari Inixindo hanya Bussines Intelegence Strategic and Big Data Analytic.

“Saya minta data mainingnya jadi sekalian. Sebenarnya dasarnya sudah ada, kita di sini lebih memperkuat kompetensi,” kata dia melalui rillis yang diterima harianmomentum.com, Senin (25-3).

Data maining dan Bussines Intelegence Strategic and Big Data Analytic, kata Dosen Sistem Informasi itu, akan menjadi peminatan dari program studi Sistem Informasi. Sehingga akan memperkuat konten mata kuliah pendukung dan peminatan.

Ketua Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya itu menjelaskan, materi yang diterimanya sangat menunjang dalam peningkatan kompetensi.

“Kalau dari waktu (lima hari) secara garis besar cukup. Kalau untuk pendalaman dibutuhkan waktu lanjutan lagi terutama kaitannya dengan teknis,” tuturnya.

Sementara, Bayu Nugroho mengaku menerima hal baru dalam pelatihan beberapa waktu lalu.

“Materinya sebenarnya sesuai dengan permintaan kita, karena sebelumnya pihak Inixindo mengirimkan silabus. Kita minta ditambahkan materinya,” ungkapnya.

Ketua Jurusan Sistem dan Teknik Komputer Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya ini mendapatkan materi Internet of Things (IoT) dan Computer Network.

“Sebagian kita sudah tahu dan ada yang baru juga kita ketahui,” ucap pemegang sertifikat CCNA ini.

Sedangkan, Sulyono mengatakan kalau dirinya banyak belajar dalam pelatihan karena mendapatkan materi Progressive Web Aplication (PWA) yang baru.

“Tadinya saya mau menerima Java, tapi karena bersamaan dengan peserta dari luar yang mengambil PWA dan sesuai dengan peminatan di jurusan TI yaitu mobile technology,” ungkapnya.

Dosen Mata Kuliah Multimedia itu mengatakan, materi yang diterimanya sangat menarik.

“Untuk kedepannya saya harus lebih belajar lagi. PWA ini digunakan dalam gabungan aplikasi desktop dengan mobile,” ujarnya.

Di lain pihak, Wakil Rektor I IIB Darmajaya, Dr. RZ Abdul Aziz mengatakan, peningkatan kemampuan dan kompetensi  pengajar dilakukan dalam memberikan pengajaran yang berkualitas kepada mahasiswa/i IIB Darmajaya.

“Pelatihan terhadap dosen bagian dari upaya menghasilkan pengajaran dan pendidikan tinggi yang bermutu. Sesuai dengan kampus technopreneur setiap dosen kemampuannya harus selalu diupgrade baik dari knowledge maupun keilmuannya,” ungkapnya.

Doktor lulusan Jepang ini berharap dalam Era Industri 4.0 setiap pengajar di IIB Darmajaya dapat mengimplementasikan kompetensinya dengan baik.

“Jangan sampai setiap dosen tidak mau menambah pengetahuan dan skillnya karena upgrade ilmu itu harus selalu dilakukan,” tutupnya.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Mahasiswa Asing IIB Darmajaya Belajar Bahasa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam meningkatkan pemahaman dan penguas ...


Sejumlah Wartawan di Lampung Utara Beri Bantu ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Sejumlah wartawan mengunjungi Yayasan Pondo ...


Besok, Seleksi Pakibraka Kabupaten Lampung Se ...

MOMENTUM, Kalianda--Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) ...


PSGA Bekali Duta Konselor Antisipasi Kekerasa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lemb ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com