Warga Sukoharjo I Swadaya Bantu Penderita Diabetes

Tanggal 05 Mei 2019 - Laporan - 852 Views
Kepala Pekon Sukoharjo I Marsandi menyerahkan dana bantuan hasil swadaya warga kepada keluarga Ahmad Hidayat penderita Diabetes kering.

Harianmomentum.com--Kekompakan dan kepedulian warga Pekon/Desa Sukoharjo I, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu untuk saling membantu patut menjadi contoh.

Beberapa hari lalu, warga Sukoharjo I berswdadaya mengumpulkan dana untuk membantu biaya pengobatan Ahmad Hidayat (35 tahun) yang menderita penyakit diabetes kering sejak dua tahun lalu.

"Dari hasil swadaya warga terkumpul dana Rp5,4 juta yang disumbangkan untuk membantu pengobatan mas Ahmad Hidayat warga RT02, Dusun V, Pekon Sukoharjo I," kata Kepala Pekon Sukoharjo I Marsandi, Minggu (5-5-2019).

Menurut Marsandi kepedulian sikap gotong royong warga untuk saling membantu itu bukan yang pertama kali.

"Kepedulian ini bagain dari budaya warga Sukoharjo I. Sebelumnya warga juga pernah berswadaya membantu warga yang menderita jantung bocor, bayi kepala membesar (hidrosefalus) dan penderita penyakit lainnya," terangnya.

Dia memaparkan jumlah penduduk Pekon  Sukoharjo I mencapai 4.997 jiwa dengan  1.491 kepala keluarga. Luas wilayah mencapai 704 hektar. 

Warga Sukoharjo I juga membentuk sejumlah kelompok kegiatan sosial antara lain: kelompok Sarkem (Sarana Kemanusiaan) beranggotakan sekitar 70 KK. Setiap bulan kelompok Sarkem mengumpulkan dana yang digunakan untuk membantu keluarga yang sakit.

Disamping itu ada kelompok dengan nama Budi Amal Gopyok Rukun yang juga rutin mengumpulkan donasi untuk membantu wanita jompo dan anak yatim.

"Saat ini sudah ada sembilan orang wanita jompo dan anak yatim yang menerima santunan sebesar Rp50ribu. Semoga semua kelompok sosial ini akan terus berkembang," harapnya.

Terpisah, Wakil Bupati Pringsewu Fauzi  mengapresiasi kepedulian warga Sukoharjo I dengan membantuk kelompok-kelompok sosial.

"Apa yang dilakukan warga Pekon Sukoharjo I patut dijadikan contoh oleh warga pekon lain untuk saling membantu dan meningkatkan rasa kepedulian sosial," imbaunya. (lis)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Marindo Serahkan Bantuan Warga Tertimpa Musib ...

MOMENTUM,Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu memberikan ban ...


Peduli Sesama, Pemuda Pancasila Lampura Berba ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pemuda Pemuda Pancasila Kabupaten Lampung U ...


Kolaborasi dengan RKR, PWI Waykanan Berbagi R ...

MOMENTUM, Baradatu--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten ...


LPM Pringsewu Berbagai Sembako kepada Keluarg ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Elemen masyarakat yang tergabung di Lembag ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com