Pemkab Waykanan Siapkan Program Inovasi Desa

Tanggal 18 Jul 2019 - Laporan - 563 Views
apat Koordinasi Program Inovasi Desa bertempat di Gedung Pertemuan Rumah Makan Way Tahmi Kecamatan Blambanganumpu, Kamis (18-7-2019).

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Waykanan menyiapkan pelaksanaan Program Inovasi Desa (PID) guna meningkatkan produktivitas dan perekonomian daerah setempat.

Hal itu disampaikan Bupati Raden Adipati Surya, saat membuka Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa bertempat di Gedung Pertemuan Rumah Makan Way Tahmi Kecamatan Blambanganumpu, Kamis (18-7-2019).

Menurut dia, PID merupakan implementasi UU nomor 6/2014 tentang pengembangan desa. "Program ini merupak upaya pemerintah dalam meningkatkan kapasitas desa, sumber daya manusia yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi," katanya.

Adipati mengatakan segera memfasilitasi peningkatan kapasitas melalui penyedia peningkatkan kapasitas teknis desa berdasarkan kebutuhan dalam mewujudkan replikasi kegiatan tersebut.

Rapat koordinasi ini, kata Adipati, bertujuan agar para pemangku kepentingan seperti tim inovasi kabupaten, camat, pendamping desa, pendamping lokal, serta pelaksana inovasi di masing-masing kecamatan dapat bekerja sama dalam pelaksanaan PID di Kabupaten Waykanan.

"Program Inovasi Desa (PID) diselenggarakan untuk menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa akan pilihan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif," ujar Adipati.

PID juga merupakan program yang dipetik dari hasil karya desa-desa yang didayagunakan sebagai pengetahuan secara meluas. ada semacam pertukaran informasi yang cocok dipraktekkan di masing-masing desa. Pada prinsipnya tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana yang peka terhadap kebutuhan masyarakat desa.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakya Selan, kepala dan unsur Dinas PMD Provinsi Lampung, Koordinator Tenaga Ahli Program Inovasi Desa Wilayah 2 Provinsi Lampung, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Tenaga Ahli P3MD kabupaten, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa Se-Kabupaten WayKanan.(vit)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


DPRD Umumkan Akhir Jabatan Gubernur Lampung P ...

MOMENTUM, Bandarlampung--DPRD Provinsi Lampung mengumumkan dan me ...


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com