Puluhan KPM PKH di Pringsewu Mengundurkan Diri

Tanggal 12 Agu 2019 - Laporan - 656 Views
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu Bambang Suharmanu

MOMENTUM, Pringsewu--Puluhan keluraga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Pringsewu mengundurkan dari dari kepesertaan program tersebut.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pringsewu Bambang Suharmanu mengatakan, ada 31 KPM yang sudah menyerahakan surat pengunduran diri dari program PKH.

"Mereka (KPM) yang mengundurkan diri tersebut beralasan sudah mampu secara ekonomi," kata Bambang Suharmanu pada Harianmomentum.com, Senin (12-8-2019).

Dia menerangkan dengan mundurnya 31 KPM itu, saat ini total peserta PKH di Kabupaten Pringsewu  menjadi 16.277 KMP.

"Semula total peserta PKH di Kabupaten Pringsewu ada 16.308 KPM. Nah, setelah 31 mengundurkan diri, totalnya menjadi 16.277 KPM," terangnya.

Menurut dia, 31 KPM yang mengundurkan diri dari kepesertaan PKH itu berasal dari sembilian kecamatan. Rincianya: Kecamatan Pringsewu 2 KPM, Ambarawa 9 KPM, Pagelaran 9 KPM, Banyumas 1 KPM, Gadingrejo 6 KPM, Pardasuka 1 KPM, Pagelaran Utara 1 KPM dan Kecamatan Sukoharjo 2 KPM.

Saat ini Dinsos Pringsewu saat sedang melakukan verifikasi Basis Data Terpadu untuk calon KPM PKH. Berdaarkan BDT  ada 40.608 rumah tangga dan jumlah jiwa 149.341.

Tahapan verifikasi meliputi: data kependudukan, kepemilikan kendaraan, ternak dan kondisi rumah. 

"Setelah Verfikasi dilakukan musyawarah desa dan hasil musyawarah ditujukan ke bupati dan dinas sosial Kabupaten Pringsewu. Selanjutnya dinas akan menindak lanjuti ke provinsi dan kementerian sesuai dengan undang undang nomor 13 tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin,” jelasnya. 

Untuk tahun 2019  jumlah bantuan PKH diberikan berdasarkan komponen dalam keluarga, antara lain: ada tidaknya ibu hamil,  anak usia nol sampai 6 tahun, anak SD, SMP, SMA dan penyandang disabilitas berat. Lalu lanjut usia 60 tahun ke atas, tapi tidak semua dalam komponen maksimal

Adapun bantuan tetap satu tahun Rp550 ribu. Untuk KPM yang memiliki komponen keluarga  ibu hamil Rp2,4 juta per tahun, anak nol sampai 6 tahun Rp2,4 juta pe rtahun sampai dengan Rp900 ribu pertahun. Anak SMP Rp 1,5 juta per tahun, SMA Rp2 juta pertahun, disabilitas berat Rp2,4 juta per tahun dan lansia Rp2,4 juta pertahun. (lis)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Marindo Serahkan Bantuan Warga Tertimpa Musib ...

MOMENTUM,Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu memberikan ban ...


Peduli Sesama, Pemuda Pancasila Lampura Berba ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pemuda Pemuda Pancasila Kabupaten Lampung U ...


Kolaborasi dengan RKR, PWI Waykanan Berbagi R ...

MOMENTUM, Baradatu--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten ...


LPM Pringsewu Berbagai Sembako kepada Keluarg ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Elemen masyarakat yang tergabung di Lembag ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com