Dua Wanita Diprediksi Menyaingi Petahana Bupati Pesibar

Tanggal 15 Agu 2019 - Laporan - 1280 Views
Peneliti Rakata Institute Nurul Yuliana (kanan) saat pres rilis hasil survei jelang Pilbup Pesibar. Foto: acw

MOMENTUM, Bandarlampung--Dua wanita diprediksi menyaingi petahana pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Pesisir Barat (Pesibar).

Berdasarkan hasil survei yang dirilis Rakata Institute, keduanya: Wakil Bupati (Wabup) Pesibar Erlina dan Bendahara PDIP Pesibar Elti Yunani menjadi tokoh wanita yang punya popularitas dan elektabilitas tinggi untuk dapat menyaingi petahana Bupati Pesibar, Agus Istiqlal.

Peneliti Rakata Institute Nurul Yuliana menyebut, lima tokoh yang punya popularitas tertinggi di Pesibar yaitu petahana Bupati Agus Istiqlal 97,33 persen dan wakilnya Erlina 85,83 persen.

Selanjutnya dua mantan calon bupati Pesibar pada Pilbup 2015 Oking Ganda M 73,50 persen dan Aria Lukita 72,75 persen serta pendatang baru Elti Yunani 50,08 persen.

“Sedangkan untuk elektabilitas, petahana Agus Istiqlal 32,58 persen dan wakilnya Erlina 10,00 persen. Yang mengejutkan, Elti Yunani sebagai pendatang baru masuk dalam urutan ketiga dengan elektabilitas mencapai 7,67 persen,” sebut Nurul saat pres rilis.

Pres rilis hasil survei Rakata Institute bertempat di DMC Coffee, Jalan Gatot Subroto nomor 73, Garuntang, Telukbetung Selatan, Bandarlampung, Kamis (15-8-2019).

Baca juga: Survei Pilkada, Kader PDIP dan Golkar Terkuat di Lamsel

Menurut analisis Rakata Institute, saat ini Agus istiqlal masih menjadi petahana yang kuat. “Hanya 38,75 persen masyarakat yang menginginkan bupati baru. Sedangkan 36,00 persen masih tetap ingin Agus Istiqlal menjadi Bupati Pesibar pada periode mendatang,” jelasnya.

Namun dia tak menapik kemungkinan munculnya calon penantang kuat Agus Istiqlal, mengingat masih lamanya proses tahapan pemilihan bupati setempat. “Lagi pula sampai saat ini belum banyak kandidat atau bakal calon yang bergerak,” ujarnya.

Lebih dari itu dia menyatakan bahwa sosok Erlina sebagai Wakil Bupati dapat hadir sebagai pesaing kuat apabila mereka memutuskan untuk bersaing pada Pilkada 2020 mendatang.

“Saat ini sosok pemimpin perempuan di Lampung sedang menjadi trend tersendiri. Ini akan jadi faktor baik untuknya (Erlina) jika memutuskan maju sebagai calon bupati pada Pilkada 2020,” jelasnya.

Di akhir pres rilis Nurul menyatakan bahwa Elty Yunani tak disangka-sangka menjadi sosok pendatang baru dikancah politik Pesibar. Sebab Elti dapat langsung bertengger dipapan atas dengan popularitas mencapai 50,08 persen dan berada pada tiga besar perolehan elektabilitas dengan 7,67 persen.

“Hadirnya Elty sebagai pengurus DPC PDIP Pesibar sepertinya menjadi salah satu faktor yang mengangkat namanya di kalangan masyarakat setempat,” ujarnya.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Setelah Putri Zulhas, PAN Lampung Munculkan N ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aman ...


Wacana Duet Umar dan Edy Irawan, Ini Kata Sek ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Wacana duet Umar Ahmad dan Edy Irawan pa ...


Jelang Pilkada, Pj Bupati Pringsewu Ingatkan ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu Marindo Kurniawa ...


Masyarakat Solid, Ismet Mantap Maju Pilbup Tu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Hanya tinggal beberapa langkah lagi Isme ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com