Pengelola Wisata Diminta Terapkan Pelayanan RATU

Tanggal 26 Des 2019 - Laporan - 898 Views
Tempat wisata di Kabupaten Tanggamus. Foto. Glh.

MOMENTUM, Kotaagung--Pengelola tempat wisata dan industri yang terkait dengan wisata di Kabupaten Tanggamus diminta terus meningkatkan kualitas pelayanannya.

Peringatan itu disampaikan Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tanggamus Retno Noviana Damayanti terkait dengan datangnya musim pelancong pada libur Natal dan Tahun Baru.

"Kenyamanan dan keamanan membuat wisatawan kerasan. Mereka kan ingin berlibur. Jadi harus benar-benar nyaman dan aman," ujar Retno di ruang kerjanya, Kamis (26-12-2019). 

Menurut dia, Disparbudpora mengajak pengelola tempat wisata dan industri yang terkait dengan wisata untuk besama-sama menerapkan pelayanan Ramai Amanah Tegas dan Unggul (RATU) dan Sapta Pesona.

Untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada para pengunjung wisata, kata dia, pemerintah, masyarakat, dan pengelola wisata, harus memberikan pelayanan RATU.

Menurut Retno, sejak enam hari sebelum libur Natal dan Tahun Baru (nataru), dinas telah mengirimkan surat edaran kepada seluruh pengelola tempat wisata untuk meningkatkan kualitas pelayanannya dengan menerapkan pelayanan RATU.

Dalam surat edaran tersebut, Disparbudpora juga berharap kepada pengelola wisata untuk berkoordinasi dengan pihak terkait dalam meningkatkan pelayanan, terutama untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung.

"Pihak terkait atau pihak kedua yang dihubungi untuk berkoordinasi itu antara lain, Polres Tanggamus, TNI Kodim 0424, BPBD, Balawista dan Pol Airud," ujarnya.

Selain meningkatkan pelayanan, yang terpenting adalah memberikan rasa nyaman dan aman bagi pengunjung saat berlibur bersama keluarga di tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Upaya menarik pengunjung atau wisatawan, Dinas Pariwista telah melalukan beberapa penataan dan menambah fasilitas pendukung di tempat rekreasi. Seperti penambahan gazebo, spot-spot untuk berselfi di Taman Wisata Muara Indah dan Air Terjun Waylalan.

"Aman dan nyaman bagi pengunjung, menjadi prioritas dalam perhatian Pemkab Tanggamus," tambah Retno.(glh/jal).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Maliosewu, Wisata Kuliner Malam di Pringsewu ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Masyarakat Pringsewu dikenal kreatif, teru ...


Rumah Layung Rancabali Tea Resort: Pesona Rom ...

MOMENTUM, Ciwidey--Rancabali Tea Resort mengumumkan kehadiran uni ...


Libur Sekolah Tiba! Ini Harga Tiket Wisata Ed ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Libur sekolah telah tiba. Bagi Anda yang ...


Pesawaran Tingkatkan SDM Kuliner Wisata Desa ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran teru ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com