Maksimalkan Penyerapan Anggaran 2020, Komisi I Gelar RDP dengan OPD

Tanggal 26 Des 2019 - Laporan - 574 Views
RDP antara Komisi I dengan OPD di ruang rapat DPRD Bandarlampung. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam rangka memaksimalkan penyerapan anggaran di 2020, Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandarlampung menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan organisasi perangkat daerah (OPD) kota setempat.

Kali ini, Komisi I menggelar RDP dengan Inspektorat dan Badan Satuan Polisi Pamong Praja (Banpol PP) Kota Bandarlampung, Kamis (26-12-2019).

Sekretaris Komisi I, Pandu Kesuma Dewangsa mengatakan, RDP dalam rangka mengevaluasi tingkat kinerja masing-masing OPD.

"Untuk hari ini Inspektorat dan Banpol PP yang hadir di RDP. RDP kali ini dalam rangka mengevaluasi kinerja mereka selama tahun 2019," kata Pandu kepada harianmomentum.com, usai RDP.

Menurut Pandu, secara umum kinerja Inspektorat dan Banpol PP relatif baik.

"Tetapi kinerja mereka tetap harus dievaluasi, khususnya dana-dana. Sebab ada anggaran yang tidak terserap. Baru sekitar 75 persen saja anggaran yang terserap di 2019," paparnya.

Kata Pandu, RDP tersebut sangat penting. Sebab, akan menjadi acuan untuk penganggaran di tahun mendatang.

"Ini akan menjadi pertimbangan untuk anggaran di tahun mendatang. Sebab saya lihat, ada salah satu dinas yang hingga akhir tahun anggarannya tidak terserap, nominalnya sekitar Rp7 hingga Rp8 miliar," ungkapnya.

Namun Pandu belum mau menyebut, dinas manakah yang dimaksudnya itu. Sebab menurut dia, RDP prihal penyerapan anggaran di 2019 belum final.

Sebelumnya, Ketua Komisi I Hanafi Pulung selaku pimpinan rapat mengatakan, materi RDP adalah evaluasi pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2019.

"Komisi I ingin mengatahui realiasi serapan anggaran dan kegiatan dari masing masing OPD di tahun 2019," kata Hanafi Pulung.

Diberitakan, selain Hanafi dan Pandu, RDP juga dihadiri unsur Pimpinan DPRD: Wakil Ketua I Aderly Imelia Sari dan Wakil Ketua III Edison Hadjar.

Selan itu, beberapa anggota Komisi I turut hadir: Isfansa Mahani, Benny HN Mansyur, Raka Irwanda, Sidik Effendi, Ilham Alawi, dan Robiatul Adawiyah.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dewi Handajani 'Pinang' PKB Tanggamus ...

MOMENTUM, Tanggamus--Dewi Handajani mengambil formulir pendaftara ...


Ketua KNPI Lampung Daftar Calwakot Lewat PAN ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Tokoh Pemuda yang juga Ketua KNPI Lampun ...


Banjir Dukungan, Ardito Wijaya Mantap Maju Pi ...

MOMENTUM, Karangendah--Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai K ...


Pekan Ini, Sidang Sengketa Pileg untuk Lampun ...

MOMENTUM, Bamdarlampung--Sidang sengketa untuk pemilihan legislat ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com