Pemkab Lamsel akan Beri Bantuan Kendaraan Operasional untuk IBI

Tanggal 23 Jan 2020 - Laporan - 804 Views
Plt Bupati Lamsel Nanang Ermanto (tengah) bersama para pengurus Ikatan Bindan Indonesia setempat

MOMENTUM, Kalianda--Pemerataan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat menjadi salah satu prioritas program pembangun Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).

Karena itu, pemkab setempat berkomitmen mendukung upaya-upaya peningkatan kualtis pelayanan kesehatan.

Terkait hal tersebut, Pemkab Lamsel akan memberikan bantuan kendaraan opersional untuk Ikatan Bidan Indonesia (IBI) setempat.

Pemberian batuan kendaraan operasional itu disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lamsel Nanang Ermanto saat menghadiri Sidang Ilmiah Pengukuhan Bidan Delima IBI setempat. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Olahraga Way Handak, Kamis (23-1-2020).

"Kendaraan operasional untuk kegiatan IBI Lamsel, besok akan dikasih. Nanti dicek dulu ya, Pak Thamrin (Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Lamsel)," kata Nanang Ermanto.

Sebelumnya, pada kesempatan tersebut Ketua Ketua IBI Lamsel Dwi Supraptiningsih menyampaikan kendala yang dihadapi para bidan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di desa-desa.

"Untuk operasional pelayanan masyarakat, kami (IBI LamselI saat ini terkendala alat transportasi roda empat (mobil)," kata Dewi saat menyampaikan laporan penyelenggaraan Sidang Ilmiah Pengukuhan Bidan Delima IBI setempat.

Dewi juga memaparkan terkait jumlah anggota IBI setempat. Menurut dia, saat ini anggota IBI Lamsel mencapai 1.084 orang. Dari jumlah tersebut, 672 orang diantaranya berstatus aparatur sipil negara (ASN), 12 orang tenaga harian lepas, 384 tenaga kerja sukarela  dan 16 orang bersatus bidan praktek mandiri.

"Hari ini dikukuhkan 69 orang bidan delima yang telah mencapai syarat kompetensi kualitas standar pelayanan. Jadi saat ini, jumlah Bidan Delima di Lampung Selatan mencapi  141 orang dan InsyaAllah ini yang terbanyak di Provinsi Lampung," ungkapnya.

Kepengurusan IBI Lamsel saat ini terdiri dari 17 ranting kecamatan. Untuk memperpendek akses rentang kendali pelayanan masyarakat, IBI setempat membentuk dua ranting tambahan: ranting Bumidaya dan ranting Karanganyar. 

"Periode selanjutnya untuk lebih mempermudah lagi akses, kami akan sesuaikan dengan jumlah puskesmas yang ada di Lamsel yaitu  26 ranting," terangnya.

Ketua IBI Provinsi Lampung Mery Destianty mengatakan, pengukuhan Bidan Delima merupakan bentuk komitmen meningkatkan profesionalitas pelayanan para bidan.

"Kami tidak henti meningkatkan mutu kualitas, sistem standarisasi sesuai standar dan etik profesi. Saat ini 43 persen bidan di Lampung Selatan, sudah memenuhi syarat pelayanan berstandar nasional (Bidan Delima)," katanya. Jumlah tersebut menurut dai, merupakan yang terbanyak di Provinsi Lampung. (bob)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com