Puluhan Ribu Warga Bandarlampung Terima BST

Tanggal 15 Mei 2020 - Laporan - 810 Views
Kepala Dinas Sosial Bandarlampung Tole Dailami./ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 20 ribu kepala keluarga (KK) di Kota Bandarlampung telah menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI (Kemensos) melalui kantor pos.

"Kita sudah konfirmasi ke kantor pos, dari 26 ribu KK yang terdaftar sebagai penerima, sebanyak 20 ribu sudah disalurkan," ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bandarlampung Tole Dailami, Jumat (15-5-2020).

Menurut dia, ribuan keluarga penerima bantuan tersebut merupakan warga yang terdata di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

"Jadi, bagi warga yang telah masuk kategori penerima program keluarga harapan (PKH) serta program sembako, maka tidak lagi menerima BST," kata Tole.

Masih kata dia, nominal BST yang diterima setiap KK sejumlah Rp600 ribu per bulan, yang akan diberikan hingga bulan Juni.

Dia menjelaskan, untuk mendapatkan program BST, dinsos setempat telah mengajukan kuota penerima sebanyak 28 ribu KK kepada pemerintah pusat.

"Namun, berdasarkan informasi yang kami terima. Jumlah KK yang menerima BST hanya 26 ribu dan data penerima BST telah ditetapkan oleh Kemensos RI," jelas dia.

Selain itu, Dinsos juga menggunakan data yang merupakan usulan dari Rukun Tetangga (RT) pada setiap kelurahan.

Dia menambahkan, setelah menerima data dari kelurahan dan kecamatan. Dinsos setempat hanya mengirim data tersebut ke pusat sebagai penerima bantuan.

"Untuk teknis selanjutnya diatur oleh kementerian sosial, sehingga data penerima BST akan terverifikasi secara otomatis," katanya.(**)

Laporan: Vino Anggi Wijaya

Editor: Agus Setyawan


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Marindo Serahkan Bantuan Warga Tertimpa Musib ...

MOMENTUM,Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu memberikan ban ...


Peduli Sesama, Pemuda Pancasila Lampura Berba ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pemuda Pemuda Pancasila Kabupaten Lampung U ...


Kolaborasi dengan RKR, PWI Waykanan Berbagi R ...

MOMENTUM, Baradatu--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten ...


LPM Pringsewu Berbagai Sembako kepada Keluarg ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Elemen masyarakat yang tergabung di Lembag ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com