KPU Metro: Bacaden Kurang Sepuluh Dukungan

Tanggal 20 Jul 2020 - Laporan - 654 Views
Ketua KPU Kota Metro Nurris Septa Pratama. Foto: pie

MOMENTUM, Metro--Syarat dukungan bakal calon independen (bacaden), pasangan Wahdi-Qomaru (WaRu) dinyatakan belum memenuhi syarat.

Hal itu terungkap dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi dukungan bakal calon perseorangan pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Metro tahun 2020, yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota setempat, Senin (20-7-2020).

Ketua KPU Kota Metro Nurris Septa Pratama mengatakan, hasil rapat pleno terbuka tentang syarat dukungan suara caden perseorangan mengalami kekurangan jumlah dukungan suara.

"Tidak memenuhi syarat, karena syarat dukungan caden ini kurang sepuluh dukungan suara," kata dia pada harianmomentum.com. 

Dijelaskannya, usulan persyaratan dukungan suara caden ke KPU sekitar 12.382. Namun, berdasarkan hasil verifikasi faktual yang dilakukan KPU pada syarat dukungan caden, terdapat 960 dukungan yang tidak memenuhi syarat (TMS).

"Persyaratan dukungan caden minimal 11.432 dukungan. Pasangan caden mengusulkan lebih yakni sekitar 12.382 dukungan. Namun hasil verifikasi faktual sekitar 960 yang TMS, jadi dukungan caden berkurang jadi 11.422,” sebutnya. 

Baca juga: Pekan Depan, Bacaden Lamtim Harus Kumpulkan 78.838 Dukungan

Karena dukungan masih kurang, maka caden harus segera melengkapi persyaratan yang belum terpenuhi tersebut. Caden diberikan tenggat waktu sejak 25 hingga 27 Juli 2020 untuk melengkapi persyaratan yang belum terpenuhi.

"Sesuai peraturan, perbaikan dukungan minimal dua kali jumlah kekurangan itu," imbuhnya.

Sementara, LO pasangan caden perseorangan WaRu, Efril Hadi mengatakan telah mempersiapkan sekitar 75 dukungan untuk melengkapi kekurangan dukungan tersebut.

"Kami sudah siapkan sekitar 75 dukungan. Sebenarnya, sekarang juga kami bisa langsung mengajukan dukungan yang kami siapkan ini ke KPU. Tapi kan sudah dijadwalkan tanggal 25 hingga 27 Juli, baru usulan dukungan ini diserahkan ke KPU," jelasnya.

Menurut Efril, sejumlah dukungan suara caden pasangan Wahdi-Qomaru yang telah disiapkan akan melancarkan jalan pasangan WaRu untuk bisa bertarung di Pilwakot Metro pada 9 Desember mendatang.

"Kami apresiasi penyelenggara Pilkada karena telah menjalankan tugasnya sesuai mekanisme yang ada. Jadi kami sebagai peserta pemilu akan berupaya supaya pemilu di kota ini berjalan lancar, aman, dan sukses," imbuhnya.(**)

Laporan : Adipati Opie

Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dewi Handajani 'Pinang' PKB Tanggamus ...

MOMENTUM, Tanggamus--Dewi Handajani mengambil formulir pendaftara ...


Ketua KNPI Lampung Daftar Calwakot Lewat PAN ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Tokoh Pemuda yang juga Ketua KNPI Lampun ...


Banjir Dukungan, Ardito Wijaya Mantap Maju Pi ...

MOMENTUM, Karangendah--Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai K ...


Pekan Ini, Sidang Sengketa Pileg untuk Lampun ...

MOMENTUM, Bamdarlampung--Sidang sengketa untuk pemilihan legislat ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com