Waykanan Maksimalkan Pembangunan Pertanian

Tanggal 17 Jul 2018 - Laporan - 975 Views
Kegiatan akselerasi dan koordinasi pealaksanaan program bidang pertanian di Kabupaten Waykanan

Harianmomentum.com--Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung punya potensi besar pada bidang pembangunan pertanian, khsusnya tanaman pangan. Karena itu, upaya memaksimalkan pembangunan bidang pertanian menjadi salah satu prioritas prgram kerja pemerintah kabupaten setempat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Waykanan Raden Adipati Surya saat membuka kegiatan Akselerasi dan Koordinasi Program Kegiatan Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian. Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan setempat itu berlangsung di Gedung Serba Guna Kantor Pemerintah Kabupaten Waykanan, Selasa (17/07/18).

"Mayoritas penduduk Waykanan bermata pencaharian sebagai petani. Luas sawah di Kabupaten Waykanan mencapai lebih dari 22 ribu hektar dan lahan kering lebih dari 369 ribu hektar. Karena itu, bidang pertanian ditetapkan sebagai salah satu prioritas program pembangunan," kata bupati.

Bupati melanjutkan, pelaksanaan program pembangunan bidang pertanian difokuskan pada pengembangan dan peningkatan produksi tanaman pangan: padi, jagung dan kedelai. Selain itu juga dilakukan upaya pengembangan dan peningkatan produksi jenis tanaman hortikultura: sayuran dan buah.

"Kegiatan akselerasi dan koordinasi ini harus dapat lebih memaksimalkan pengembangan pontesi pertanian yang kita miliki yang bermuara pada peningkatan kesejateraan masyarakat, khususnya petani," terangnya.

Untuk mendukung pencapaian program pertanian, Pemkab Waykanan telah menyalurkan berbagai bantuan peralatan dan mesin pertanian kepada kelompok tani di kabupaten setempat.

"Kita sudah laksanakan program bantuan bidang prasarana dan sarana pertanian. Saya minta kepada para petani dan kelompok tani dapat memaksimalkan pemanfaatan bantuan tersebut untuk meningkatkan produksi komodite pertanian di Kabupaten Waykanan," harapnya.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan sejumlah bantuan, diataranya: klaim asuransi usaha tani senilai Rp72 juta dari Kementerian Koperasi dan UKM kepada  Kelompok Tani di Kampung Karangagung Kecamatan Pakuanratu. Selain itu juga diserahkan bantuan alat dan mesin pertanian berupa empat unit traktor kepada Brigade Alsintan UPT Alsintan Kabupaten setempat. (vit)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


DPRD Umumkan Akhir Jabatan Gubernur Lampung P ...

MOMENTUM, Bandarlampung--DPRD Provinsi Lampung mengumumkan dan me ...


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com