KPU Coret Bacaleg Tak Penuhi Syarat Verifikasi DCS

Tanggal 18 Jul 2018 - Laporan - 807 Views
Penyerahan berkas bacaleg Partai Golkar Tulangbawang Barat di KPU setempat./Ferki

Harianmomentum.com--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulangbawang Barat memastikan mencoret bakal calon legislatif (Bacaleg) yang tidak memenuhi persyaratan dalam verifikasi daftar calon sementara (DCS) sebelum ditetapkan sebagai daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2019.

Divisi Hukum Komisioner KPU Kabupaten Tubaba Yudi Agusman mengatakan pendaftaran bacaleg telah berakhir pada Selasa (17/7) pukul 24.00 WIB dan langsung dilanjutkan dengan tahap verifikasi berkas untuk menentukan DCS.

Untuk tahap selanjutnya itu, KPU Tubaba akan melakukan verifikasi berkas bacaleg dari masing-masing parpol.

"Nanti ada penyaringan bacaleg lagi, kalau berkas seorang bacaleg tidak memenuhi syarat maka dipastikan tidak lolos. Kemudian, akan kita umumkan Daftar Calon Sementara (DCS),” terang dia.

Masih menurut Yudi, proses perbaikan berkas oleh DCS yang masih belum memenuhi syarat pun dilakukan. Sehingga, pada tahapan yang terakhir yaitu Daftar Calon Tetap (DCT) Pileg 2019 yang juga akan diumumkan secara terbuka.

“Kalau memang tidak melakukan kelengkapan berkas pada DCS, maka dia akan dipastikan gugur dari pencalonannya,” tukasnya.

Sementara itu, pada verifikasi Parpol terdapat 16 Parpol yang lolos menjadi peserta Pemilu 2019. Namun, hanya 13 Parpol yang mendaftarkan bacalegnya pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Dengan demikian, dia menjelaskan, terdapat tiga parpol di Kabupaten Tubaba yang dipastikan tidak mengikuti Pileg 2019.

“Ketiga parpol tersebut yaitu PKPI, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Garuda. Kita tidak menerima karena SK dan berkas pencalonannya tidak memenuhi syarat,” jelas Yudi.

Adapun daftar bacaleg yang didaftarkan oleh masing-masing Parpol di KPU Tubaba yaitu PPP 26 Calon (86,6 persen), PKB 29 Calon (96,6 persen), PKS, Demokrat, NasDem, Perindo, PDI-P, Golkar, Gerindra, dan PAN masing-masing mengusulkan 30 calon atau 100 persen, kemudian Partai Hanura 29 calon (96,6 persen), Partai Berkarya 18 calon (60 persen), dan PSI 22 Calon (73,3 persen).(frk)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Tiga Bacagub Tidak Kembalikan Berkas Pendafta ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Hingga menit akhir, tiga bakal calon Gub ...


Bacalon Bupati Mesujii Dilantik Sebagai Ketua ...

MOMENTUM, Tanjungraya--Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Elfianah dilan ...


Pilakda Pringsewu, Pujakesuma Dukung Fauzi ...

MOMENTUM, Pringsewu--Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Lampung ...


Fit Proper Test di PDIP, Arinal Tegas Lanjutk ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Mengembalikan berkas pendaftaran bakal c ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com