641 Mahasiswa KKN Kebangsaan di Lampung

Tanggal 23 Jul 2018 - Laporan - 986 Views
Pembukaan KKN Kebangsaan 2018 BKS PTN Wilayah Barat. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Badan Kerja Sama (BKS) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Wilayah Barat Indonesia menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan Tahun 2018, di Provinsi Lampung.

Menurut Rektor Universitas Lampung (Unila) Hasriadi Mat Akin, KKN Kebangsaan tahun ini diikuti 641 mahasiswa dari 55 mahasiswa PTN. Para mahasiswa itu akan ditempatkan di Kabupaten Tanggamus, Tulangbawang Barat, dan Lampung Timur selama 30 hari.

"Saya berharap, KKN Kebangsaan dapat memperkokoh semangat nasionalisme, rasa kebangsaan, dan menjadi ajang persaudaraan antar mahasiswa dari berbagai PTN," kata dia pada pembukaan KKN Kebangsaan di Gedung Bagas Raya, Bandarlampung, Senin (23/7).

Hariadi menjelaskan, KKN Kebangsaan bersama BKS-PTN ini juga untuk meningkatkan interaksi pemahaman dan kepeduliaan mahasiswa dari berbagai PTN di Indonesia terhadap nilai-nilai kebanggaan bangsa untuk merajut persatuan dan kesatuan NKRI. 

"Melalui KKN Kebangsaan ini, kita akan menanamkan jiwa dan nilai-nilai kebersamaan, kemandirian dan etos kerja serta tanggung jawab bagi calon pemimpin dimasa yang akan datang," ungkapnya.

Hasriadi mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan (Kemenristek Dikti) yang telah memberikan kesempatan kepada Unila menjadi tuan rumah KKN Kebangsaan 2018.

Pada kesempatan yang sama, Staff Ahli Bidang Pendidikan, Kemenristek Dikti Paulina Pane mengatakan, KKN Kebangsaan memiliki nilai dan tujuan meningkatkan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme bagi mahasiswa maupun masyarakat.

"Hasil dari KKN ini adalah blueprint (cetak biru) tentang penyelesaian masalah yang diperoleh langsung oleh mahasiswa  saat berinteraksi dengan masyarakat. Karena itu diharapkan mahasiswa yang mengikuti KKN Kebangsaan ini nantinya benar-benar menjadi problem solver bagi permasalahan Indonesia," ujar Paulina.

Selain itu, kata dia, dengan masuknya dunia pada era pembangunan dan perkembangan yang luar bisa, dia berharap mahasiswa terus menempa diri agar kelak mampu menjadi penyeimbang dan solusi bagi kemajuan bangsa. (ira).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com