Jadi Wakil Lampung, SMK Muhammadiyah Gisting Sambut Tim Penilai LSS-UKS

Tanggal 26 Jul 2018 - Laporan - 1418 Views
Tim Penilai LSS-UKS meninjau SMK Muhammadiyah Gisting Kabupaten Tanggamus.

Harianmomentum.com--Menjadi wakil dari Provinsi Lampung, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Gisting, Kabupaten Tanggamus, menyambut kedatangan tim penilai Lomba Sekolah Sehat-Usaha Kesehatan Sekolah (LSS-UKS) tingkat nasional.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula SMK Muhammadiyah Gisting, Kamis (26/7).

Dalam paparannya, Kepala SMK Muhammadiyah Gisting, Ihsanuddin mengatakan, mengucapkan terima kasih atas kehadiran tim penilai pusat maupun perwakilan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung di sekolah tersebut.

Menurut dia, penunjukkan SMK Muhammadiyah Gisting sebagai wakil Lampung tertuang dalam surat keputusan Gubernur Lampung bernomor G/643/B.03/HK/2017.

"Surat itu terkait penetapan sekolah kami sebagai pemenang LSS-UKS tingkat Provinsi Lampung, sehingga dapat menjadi wakil daerah itu di nasional," katanya.

Ia menyebutkan, sejak awal berdiri SMK/STM Muhammadiyah Gisting berkonsentrasi pada jurusan teknik mekanik otomotif, tetapi seiring berjalannya waktu membuka jurusan baru yaitu teknik komputer dan jaringan (TKJ) pada 2010/2011 dan teknik sepeda motor pada 2013/2014.

"Saya berharap apa yang sudah dipersiapkan tim kerja dapat berbuah manis, sehingga sekolah menjadi juara pertama pada LSS-UKS tingkat nasional ini," katanya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus melalui Asisten III Firman Ranie mengatakan, keberhasilan pembinaan dan pengembangan UKS akan terlihat pada perilaku hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik. "Ini merupakan dari keseluruhan pola pembinaan dan pengembangan UKS," katanya. 

Hal ini dikarenakan UKS merupakan wadah dan program untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin, yang dilakukan secara terpadu oleh empat kementerian terkait beserta seluruh jajarannya baik di pusat maupun daerah. 

"Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus secara maksimal telah berusaha agar seluruh sekolah/madrasah yang ada dapat melaksanakan UKS secara baik dan benar, agar timbul kesadaran berprilaku hidup bersih dan sehat," paparnya.

Ketua Tim Penilai LSS-UKS, H Akhyar S Gs MM yang juga dari Kemendikbud menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Tanggamus yang telah menyambut rombongan. 

"Adapun kita melakuakan LSS ini untuk menciptakan atau mewujudkan prilaku hidup bersih dan sehat bagi peserta didik secara proses cukup lama dan untuk menciptakan kebiasaa-kebiasaan di sekolah hingga dapat ditularkan di rumah masing-masing," ujarnya. 

Ia melanjutkan, UKS merupakan program yang berkelanjutan dan terus menerus sehingga tidak terputus dari TK-SMA hingga perguruan tinggi. "UKS juga adalah dasar untuk membentuk karakter-karakter peserta didik," paparnya. 

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Hartati Zainal Abidin, Tim Pembina UKS Provinsi Lampung, para kepala OPD, Camat se-Kabupaten Tanggamus, Ketua Yayasan SMK Muhammadiyah Gisting dan dewan guru. 

Acara dilanjutkan dengan penilaian/peninjauan SMK Muhammadiyah Gisting oleh tim penilai LSS-UKS.(asd)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com