Nunik Terima Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka 2018

Tanggal 07 Sep 2018 - Laporan - 838 Views
Bupati Lampung Timur Chusnunia. Foto. Rif.

Harianmomentum.com--Bupati Lampung Timur Chusnunia menerima penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka 2018. Penyerahan penghargaan bidang literasi ini berlangsung di Integrity Convention Center, Jakarta, Kamis malam (06/09/2018). 

Penghargaan yang diterima Chusnunia pada malam Penganugrahan Nugra Jasadarma Pustaloka Gemilang Perpustakaan Nasional 2018, itu untuk kategori tokoh masyarakat/birokrat/politisi.

Nunik --sapaan Chusnunia-- mengatakan Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka ini merupakan penghargaan bidang perpustakaan yang diberikan pemerintah pusat kepada pihak-pihak yang telah memberikan sumbangsih dan dedikasinya dalam pengembangan perpustakaan dan budaya baca di Indonesia.

"Peranan seorang pustakawan memang sangatlah penting dalam proses pembangunan suatu bangsa. Oleh sebab itu, adanya penghargaan-penghargaan untuk para pustakawan dan pegiat-pegiat literasi juga menjadi sangat penting keberadaannya," ujar Nunik.

Penghargaan-penghargaan tersebut tidak didapat dengan mudah melainkan telah melalui beberapa tahapan seleksi. Dimulai dengan disebarnya informasi ke setiap provinsi untuk mengajukan penerima penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka 2018.

"Selanjutnya pihak provinsi akan turun ketingkat kabupaten dan kota guna mendata nama-nama calon peraih yang sekiranya layak mendapatkan penghargaan untuk diserahkan ke pusat. 

Kemudian pada tingkat pusat masih harus melalui beberapa tahapan lagi yang dilakukan penilaian langsung oleh Tim Timbang. Tim ini terdiri dari internal dan eksternal perpustakaan nasional sebelum akhirnya ditetapkan para penerima penghargaan.

Penghargaan yang diberikan pada malam penganugrahan tersebut antara lain untuk Pelestarian Naskah Kuno dan Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka dengan beberapa kategori yakni, birokrat, masyarakat, pers, serta jurnalis/penulis. 

Malam penganugrahan dihadiri para pegiat literasi dari seluruh penjuru tanah air ini juga memberikan penghargaan untuk kategori Buku Terbaik Koleksi Deposit Perpustakaan Nasional, Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Nasional.

Kategori Perpustakaan SLTA Tingkat Nasional, Perpustakaan Desa atau Kelurahan Tingkat Nasional, Pustakawan Terbaik, Tokoh Masyarakat Yang Berperan Aktif Terhadap Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca, serta Kategori Lifetime Achievment.  (rif).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Darmajaya Muli T ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Institut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com