Pringsewu Terima Penghargaan Smart Sanitation Award 2018

Tanggal 25 Okt 2018 - Laporan - 870 Views
Bupati Pringsewu Sujadi menerima penghargaan Smart Sanitation Award AKKOPSI 2018.

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten Pringsewu kembali menorehkan prestasi. Kali ini menerima penghargaan Smart Sanitation Award AKKOPSI 2018.

Penghargaan untuk kategori Penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) Sanitasi terbaik itu diserahkan Deputi Pengembangan Regional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Rudy Soeprihadi Prawira Dinata kepada Bupati PringsewuSujadi.

Penyerahan berlangsung pada acara City Sanitation Summit XVIII di Hotel BW Luxury, Jambi, Kamis (25/10/2018). Acara tersebut dihadiri para bupati dan walikota anggota Aliansi Kabupaten dan Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) se-lndonesia.

Turut hadir pula Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang diwakili Direktur Jenderal Cipta Karya Danis Hidayat Sumadilaga, serta Sekretaris Daerah Provinsi Jambi dan Ketua Umum AKKOPSI Mohammad Ramdhan Pomanto.

Ketua Umum AKKOPSI Mohammad Ramdhan Pomanto dalam sambutanya mengatakan, penanganan masalah sanitasi menjadi salah satu tolok ukur maju tidaknya suatu daerah.

"Karena itu, kami mengajak seluruh anggota AKKOPSI untuk bersatu padu berjuang mengelola sanitasi," ajaknya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang diwakili Direktur Jenderal Cipta Karya  Danis Hidayat Sumadilaga dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut hendaknya menjadi momentum bagi seluruh kepala daerah untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dengan mencantumkan masalah air minum dan sanitasi sebagai sasaran pembangunan.

Dia menerangkan, 2,16 persen dari total DAK tahun 2018 sebesar Rp2,07 triliun dialokasikan untuk bidang sanitasi dan air minum. "Selain itu, lanjut dia,  sumber dana penanganan masalah sanitasi dan air minum juga bisa dialokasikan dari program dana desa.

"Masih banyak lagi sumber dana yang bisa digali untuk penanganan masalah sanitasi, misalnya:  dana CSR, zakat, shodaqoh dan infak,"paparnya.(lis)



Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


DPRD Umumkan Akhir Jabatan Gubernur Lampung P ...

MOMENTUM, Bandarlampung--DPRD Provinsi Lampung mengumumkan dan me ...


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com