Soal Sanitasi Layak, Kesadaran Masyarakat Lamsel Masih Rendah

Tanggal 22 Mei 2017 - Laporan - 1175 Views
Diskusi sanitasi sehat yang digelar Bappeda Lamsel dan LSM Mitra Bentala.

Harianmomentum--Saat ini ada 88 ribu kepala keluarga di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) belum memiliki sarana sanitasi yang layak. Kondisi itu menjadi salah satu indikator rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya sanitasi layak untuk menunjang pola  hidup sehat dalam keluarga.

 

Fakta tersebut terungkap dalam diskusi bertajuk Peran Private Sectot Actor untuk Universal Access 100 % tahun 2019 terhadap sanitasi Layak di Kabupaten Lampung Selatan, Senin (22/5).

 

Diskusi yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Selatan bekerja sama dengan LSM Mitra Bentala itu berlangsung di aula kantor Bappeda setempat.

 

"Kami adakan diskusi ini untuk mencari jalan keluar  permasalahan sanitasi  pada masyarakat Kabupaten Lampung Selatan. Kami juga selalu mengimbau masyarakat agar jangan buang air sembarangan, selain mencemari lingkungan juga  berdampak buruk bagi kesehatan," kata Kepala Bappeda Lamsel Priyanto Putro.

 

Direktur Mitra Bentala Lampung, Mashaby mengatakan salah satu indikator penduduk miskin  adalah tidak memiliki sarana sanitasi yang layak.

 

“Saat ini di Lamsel masih banyak masyarakat yang belum sadar pentingnya sanitasi yang sehat. Dari 248 desa di Lamsel, hanya ada 22 desa yang telah mendeklarasikan open defecation free atau stop buang air besar sembarangan. Sementara sisanya masih memiliki sanitasi yang buruk atau tidak sehat,“ ungkapnya.

 

Menurut dia, masalah sanitasi memang terdengar sepele, tapi sebenarnya sangat vital. Sarana sanitasi yang buruk bisa menyebabkan seseorang terkena bakteri E-Coli yang sangat membahayakan.  

 

“Bayangkan bakteri E-Coli ini dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh yang berfungsi untuk mengeluarkan racun, seperti ginjal. Pada anak-anak, E coli dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah, karena anak-anak mempunyai pertahanan diri yang lebih rendah dari pada orang dewasa," terangnya.

 

Dia berharap, kedepa Pemkab Lamsel dapat lebih serius menangani  permasalahan sarana sanitasi layak untuk masyarakat. (Bob)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com