DPMP Pringsewu Beharap Hasil Bimtek Berdampak Positif Terhadap Pengelolaan BUMDes

Tanggal 01 Nov 2018 - Laporan - 778 Views
Peserta bimtek pengelolaan BUMDes Kabupaten Pringsewu mengunjungi obyek wisata air Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Harianmomentum.com--Pengembangan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kabupaten Pringsewu diharapkan dapat semakin baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon/Desa (DPMP) Kabupaten Pringsewu Invan Kurniawan  kepada para aparatur pekon/dan pengelola BUMDes yang baru-baru ini mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis pengelolan BUMDes.

Bimtek tersebut dilaksanakan selama beberapa hari dengan mengunjungi obyek wisata air Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

"Semoga apa yang didapat dari Bimtek ini dapat menambah wawasan dengan pengetahuan para peserta dalam mengembangkan pengelolaan BUMDes di pekon masing-masing," harapanya.

Baca juga: APDESI Pringsewu Gelar Bimtek Pengelolaan BUMDes

Program Bimtek pengelolaan BUMDes tersebut diprakarsai Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Pringsewu dan diikuti 110 peserta dari 54 desa.

Menurut Ivan, bimtek tersebut sengaja obyek wisata air Umbul Ponggok, karena lokasi wisata itu dikelola BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok. 

Dia menerangkan BUMDes Tirta Mandiri bisa menjadi contoh bagi perserta bimtek. Pada tahun 2012 BUMDes Tirta Mandiri berhasil meraup pendapatan Rp150 juta dari pengelolaan obyek wisata air itu. 

"Tahun 2018 ini mereka  mentargetkan pendapatan Rp15 miliar. Selain itu BUMDes Tirta Mandiri juga telah berhasil mengembangkan 13 unit.  Sembilan di antaranya sudah berbentuk PT," ungkapnya. (lis)



Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


DPRD Umumkan Akhir Jabatan Gubernur Lampung P ...

MOMENTUM, Bandarlampung--DPRD Provinsi Lampung mengumumkan dan me ...


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com