Distan Pringsewu Salurkan Bantuan untuk 30 Poktan

Tanggal 08 Nov 2018 - Laporan - 794 Views
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menyerahkam bantuan bibit tanaman untuk 30 poktan di Kecamatan Pagelaran Utara dan Banyumas.

Harianmomentum.com--Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pringsewu menyalurkan bantuan bibit tanaman serta alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk 30 kelompok tani (poktan) dari dua kecamatan: Banyumas dan Kecamatan Pagelaran Utara.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi kepada perwakilan poktan. Kegiatan berlangsung di lahan Ketua Poktan Sumbermukti, Pekon/Desa Banyuurip, Kecamatan Banyumas, Kamis (08/11/2018).

Sekretaris Distan Pringsewu Jatiwan mengatakan, dari 30 poktan penerima bantuan itu, 19 poktan berasal Kecamatan Banyumas dan 11 dari Kecamatan Pagelaran Utara.

"Selain 30 poktan ini, bantuan serupa juga kita berikan kepada tujuh Kelompok Wanita Tani (KWT)," kata Jatiwan pada harianmomentum.com.

Rincian bantuan yang disalurakan: seribu bibit tanaman lada panjat, 2.400 bibit kakao, 1.200 kilogram pupuk organik, bibit cabai rawit dan cabai besar masing-masing empat ribu polybag.

Kemudian: bibit bawang merah 8.300 polybag, sembilan sprayer (alat penyemprot pestisida), tiga unit chainsaw (gergaji mesin, delapan unit alat pembuat biofory (lubang serapan air) dan 10 hand tracktor (mesin pengolah tanah).

"Saat ini di Kabupaten Pringsewu  ada  856 Poktan yang tersebar di 126 pekon dan lima kelurahan dengan 56 petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Dengan kondisi itu kita masih kekurangan tenaga PPL," ungkapnya.

Wabup Pringsewu Fauzi berharap, bantuan tersebut dapata memaksimalkan upaya poktan dalam meningkatkan hasil produksi pertanin.

"Mudah-mudahan ini bisa membantu meningkatkan hasil produksi pertanian untuk mendongkrak kesejahteraan petani," harapnya.(lis)



Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Yansos Jejama Salurkan Bantuan untuk Penyanda ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penyandang disabilitas warga Kecamatan Gad ...


Danpuspom AD Mayjen Eka Wijaya Tinjau Proges ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) ...


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com