Tiga Mahasiswa Lampung Berpeluang ke Luar Negeri

Tanggal 29 Nov 2018 - Laporan - 802 Views
Generasi Next Indonesia.

Harianmomentum.com--Tiga mahasiswa Lampung berpeluang menimba ilmu di luar negeri, setelah mengikuti tahap Local Qualification Panel (Local Q-Panel).

Tahapan ini merupakan rangkaian terakhir seleksi untuk menentukan tiga orang peserta terbaik dari tiap-tiap kota penyelenggara IndonesiaNEXT. Untuk Lampung, seleksi dilaksanakan di Telkomsel Smart Office Lampung pada Kamis (29/11).

Selain Lampung tahapan inj juga dilaksanakan di kota Bogor, Padang, Bandung, Makassar, Pontianak, Semarang, Malang, Medan, Jakarta, Surabaya, Denpasar, Manado, Merauke dan Banjarmasin.

General Manager Youth and Community Telkomsel Area Sumatera, Nurcahyo Priyadi mengatakan, “IndonesiaNEXT adalah program nyata dari Telkomsel untuk mendukung pengembangan kemampuan dan pengetahuan mahasiswa dalam rangka meningkatkan daya saing di tingkat internasional. Oleh karena itu, program ini melakukan seleksi ketat untuk menentukan tiga peserta terbaik yang dinilai dari kemampuan implementasi materi kompetensi dan sofskills yang diterima peserta selama penyelenggaraan program”.

Nurcahyo menambahkan, melalui IndonesiaNEXT, Telkomsel berharap generasi muda di Sumbagsel, khususnya di Lampung akan semakin cakap dan kompeten untuk bersaing secara global.

Pada tahapan awal IndonesiaNEXT, ada sekitar 1.000 total peserta mahasiswa dari berbagai jurusan dan jenjang pendidikan perguruan tinggi di wilayah Bandar Lampung dan wilayah Regional Sumbagsel yang berpartisipasi pada seminar inspiratif dan pelatihan digital marketingIndonesiaNEXT. Dari 1000 peserta, kemudian dipilih 100 peserta terbaik yang diberikesempatan untuk mengikuti pelatihan Technical Data Processing dan ujian sertifikasi internasional Microsoft Office Specialist Excel 2013.  Setelah itu, dilakukan seleksi lagi hingga terpilih 30 peserta lerbaik yang berhak lolos ke tahap Local Qualification Panel (Local Q-Panel).

Selanjutnya peserta TOP 3  akan mendapatkan pembekalan secara intensif dalam tahap National Bootcamp, dengan materiImpactful Presentation and Communication, Critical Thinking, dan Industry Insight. Pada akhirnya,  Peserta Terbaik IndonesiaNEXT 2018 melalui proses National Qualification Panel.

Pada penyelenggaraan IndonesiaNEXT 2017 yang lalu, telah terpilih 10 peserta terbaik nasional dari lebih 11.000 peserta dari seluruh Indonesia. Belum lama ini, kesepuluh pemenang tersebut telah berkesempatan mendapatkan short course di perguruan tinggi dan beberapa perusahaan teknologi ternama di San Francisco, Amerika Serikat.

Selama penyelenggaraan IndonesiaNEXT sejak tahun 2016,  Telkomsel telah menghasilkan 4.036 peserta yang mengantongi sertifikasi internasional. Pada kompetisi 2017, tercatat 12.980 mahasiswa dari 529 perguruan tinggi yang melakukan registrasi pendaftaran. (Rls)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com