Inflasi Lampung pada November Lebih Baik dari Nasional

Tanggal 18 Des 2018 - Laporan - 884 Views
Penghargaan untuk kabupaten/kota dalam mendorong peningkatakn investasi. Foto.Ira.

Harianmomentum.com--Inflasi di Provinsi Lampung pada November 2018 tercatat 2,41 persen, lebih baik dari inflasi nasional yang mencapai 3,24 persen.

"Inflasi itu juga lebih baik dibandingkan rata-rata inflasi tahunan di Provinsi Lampung selama tiga tahun terakhir sebesar 4,16%," ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiharto Setyawan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2018 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Selasa (18-12-18).

Menurut Budi, keberhasilan pencapaian inflasi ini tidak lepas dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) provinsi maupun kabupaten/kota yang senantiasa terus berfokus pada menjaga ketersediaan dan distribusi bahan pangan strategis.

Seiring perkembangan perekonomian global, nasional dan regional di Provinsi Lampung di 2018 serta beberapa tahun kedepan, diproyeksikan pada 2019 perekonomian Lampung akan tumbuh pada kisaran 5,1% - 5,5% atau menguat dibandingkan proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional yakni sekitar 5,2%.

"Pertumbuhan ekonomi Lampung terutama akan ditopang oleh solidnya konsumsi swasta didorong oleh disposable income di tahun 2019, berlanjutnya pembangunan investasi swasta dan pemerintah serta konsumsi pemerintah menjelang pelaksanaan pemilihan umum dan disamping itu juga ditopang oleh harga komoditas dunia unggulan ekspor Lampung seperti kopi dan kelapa sawit. Sehingga hal-hal tersebut menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Lampung," paparnya.

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo yang diwakili oleh Kepala Biro Perekonomian Lukmansyah menjelaskan, secara sektoral, penggerak ekonomi Lampung masih bertumpu pada tiga sektor utama yakni sektor pertanian, sektor industri pengolahan serta sektor perdagangan besar dan eceran serta reparasi mobil dan sepeda motor dengan porsi masing-masing sebesar 31,16%, 19,43% dan 11,02%.

Dengan capaian-capaian tersebut, Indeks Daya Saing Provinsi Lampung terus mengalami peningkatan. Data yang dirilis oleh Asian Competitiveness Institute (AC1) menunjukkan di tahun 2015 peringkat Provinsi Lampung tercatat ke-25 dan di tahun 2018 naik hingga 14 level mecapai posisi ke-11. 

"Kekuatan Lampung dapat dilihat dalam hal pemerintahan dan institusi publik serta kondisi finansial, bisnis dan tenaga kerja," kata Lukmansyah.

Selanjutnya dia mengingatkan potensi yang ada di Provinsi Lampung hanya akan menjadi sekadar potensi apabila masyarakat Lampung tidak mengetahui bagaimana cara memanfaatkannya.

"Dengan adanya pertemuan ini semoga didapatkan ide-ide terobosan yang mampu membuat Provinsi Lampung membuat Iompatan jauh dalam mengejar pembangunan agar setara dengan provinsi maju lainnya," harapnya.

Pada acara tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan bagi Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung yang telah berkontribusi besar dalam mendorong peningkatan investasi yang besar kepada Provinsi Lampung, yakni terbaik pertama Kota Bandar Lampung, terbaik kedua Kabupaten Pesawaran dan diikuti oleh terbaik ketiga yakni Kabupaten Pesisir Barat. (ira).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dukung Hilirisasi Energi, PGN Suplai Gas Bumi ...

MOMENTUM, Gresik – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk mengoptim ...


PTPN IV Regional III Umumkan Pemenang Perform ...

MOMENTUM, Pekanbaru - PTPN IV PalmCo Regional III mengumumkan pem ...


April 2024, Harga Beras dan Cabai Picu Deflas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah komoditas pangan memicu deflasi ...


Lampung Craf 2024, Giliran Lampung Timur Jadi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com