Gubernur Ridho Terima Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Utama

Tanggal 19 Des 2018 - Laporan - 782 Views
M Ridho Ficardo dan Yohana Yambise. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Gubernur Lampung M Ridho Ficardo kembali menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Utama pada 2018. 

Penghargaan yang ketiga itu diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yambise di Istana Wakil Presiden Rl Kebon Sirih Jakarta Pusat, Rabu (19-12-18).

Penyerahan penghargaan dihadiri Wakil Presiden Yusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya. 

Selain Lampung, penghargaan juga diberikan kepada Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat untuk kategori utama, mengungguli Provinsi Banten yang berada di bawah Lampung. 

Anugerah Parahita Ekapraya adalah bentuk aspirasi yang diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI kepada Gubernur/Bupati/Wali Kota yang berkomitmen terhadap pelaksanaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Para kepala daerah tersebut dinilai memiliki prakarsa dan prestasi yang dicapai dengan menunjukkan pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. 

Penilaian untuk menerima penghargaan ini, melalui evaluasi dan verifikasi data pelaksanaan Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Ini berlangsung pada 22 s/d 23 Oktober 2018.

Kegiatan itu mengkaji sejauh mana perkembangan dan kemajuan pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG) di segala bidang pembangunan. 

Pemerintah Provinsi Lampung bersama-sama kabupaten/kota telah melaksanakan kesepakatan bersama untuk melakukan percepatan pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Sejauh ini, enam kabupaten/kota yang pada hari itu juga menerima Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Pratama. Yakni Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Mesuji, Kabupaten Lampung Timur, Kota Bandarlampung, Kota Metro dan untuk kategori madya diraih Kabupaten Lampung Selatan. 

Ridho Ficardo mengungkapkan, penghargaan ini didapatkan bukan semata karena pemerintah provinsi sendiri tetapi juga karena peran pemerintah kabupaten/kota yang telah melaksanakan kesepakatan bersama untuk melakukan percepatan pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender.

"Saya berharap ke depan jumlah kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang menerima penghargaan seperti ini jumlahnya akan lebih banyak lagi," tutupnya. (ira).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com