Sejumlah Siswa SMK Praktek Kerja Industri di IIB Darmajaya

Tanggal 10 Jan 2019 - Laporan - 819 Views
Pelatihan Prakerin di Laboratorium IIB Darmajaya. Foto: ist

Harianmometnum.com--Sejumlah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengikuti pelatihan praktek kerja industri (prakerin).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya itu berlangsung di Laboratorium Jaringan Komputer kampus setempat, mulai dari Rabu-Jumat (8-10 Januri 2019).

Prakerin diikuti 25 siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang berasal dari SMK Muhammadiyah Sekampung, SMK Negeri 1 Gedongtataan, SMK Negeri 1 Hulusungkai, SMK Miftahul Ulum, SMK Plus Bani Salim, dan SMK Yadika Bandarlampung.

Danang Ade Muktiawan, selaku pemateri mengatakan, dalam Prakerin tersebut, para siswa akan diberi pengenalan tentang perangkat komputer dan jaringannya.

“Disini, para peserta dilatih tentang pembuatan kabel jaringan, sharing file dan printer, install Windows dan Linux, Setting Acces Point, Packet Tracer, serta materi Mikrotik. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para siswa,” kata Danang sebagaimana pesan yang diterima harianmometnum.com, Kamis (9-1).

Mita Maulidina, siswa SMK Miftahul Ulum mengaku senang dapat mengikuti Prakerin gratis dari IIB Darmajaya tersebut. 

“Melalui Prakerin ini, kami memperoleh ilmu pengetahuan baru. Selain itu, kami juga kembali diingatkan tentang materi yang sebelumnya telah diperoleh dari sekolah,” kata Mita.

Kepala Pusat Pelatihan IIB Darmajaya, Sabam Parjuangan mengatakan, selama ini telah banyak SMA maupun SMK yang telah memberi kepercayaan kepada IIB Darmajaya untuk dapat melaksanakan Prakerin kepada para siswanya. 

“Hingga kini, tak kurang dari 40 SMA maupun SMK se-Provinsi Lampung dan Bengkulu yang telah bekerjasama dengan IIB Darmajaya untuk program Prakerin,” ungkapnya.

Menurutnya, Prakerin merupakan fase pendidikan yang menjembatani antara dunia sekolah dengan dunia kerja. 

“Pada kegiatan ini, para siswa dapat secara langsung mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkannya di sekolah. Sehingga mereka mendapat ilmu dan pengalaman yang dapat bermanfaat untuk menghadapi dunia kerja,” jelasnya.

Dia melanjutkan, secara rutin IIB Darmajaya memberikan Prakerin gratis bagi para siswa. Peserta yang sudah mengikuti Prakerin akan mendapatkan sertifikat resmi dari IIB Darmajaya.

“Kegiatan ini merupakan wujud pengabdian IIB Darmajaya terhadap masyarakat,” ujarnya.(acw).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com