LTNU Gelar Pelatihan Jurnalistik di Lampung

Tanggal 05 Jun 2017 - Laporan - 1791 Views
Suasana kegiatan pelatihan jurnalistik Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Provinsi Lampung.Foto:Agung-H Momen.

Harianmomentum--Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) mengadakan Ma’had Sohafiyah atau pelatihan jurnalistik bagi kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) se Provinsi Lampung.

 

"Jadi kita mengajarkan tentang tatacara menulis jurnalistik yang baik dan benar, sehingga dapat mengerti kode etik jurnalistik," ungkap Erzal kepada harianmomentum.com, di Gedung Pengurus Wilayah NU (PWNU) Telukbetung Bandarlampung, Minggu (4/6).

 

Menurut Ketua Pelaksana Erzal Syahrera Aswir, pelatihan tersebut untuk mengajarkan pentingnya kode etik jurnalistik dalam penulisan berita.

 

Dia menjelaskan, saat ini banyak media yang hanya menulis dan menyebarkan berita tanpa memahami kode etik.

 

Untuk itu, dia mengharapkan, melalui pelatihan tersebut bisa melahirkan pelajar yang bukan hanya bisa menulis tetapi juga bisa memahami dan mengerti kode etik jurnalistik.

 

Di tempat yang sama, Ketua LTNNU Lampung Ila Fadilasari menjelaskan, dulu menjadi jurnalis sangat sulit dan harus patuh pada kode etik jurnalistik.

 

"Tetapi pada zaman yang canggih seperti sekarang menjadi jurnalis sangat mudah, karena kode etik jurnalistik semakin luntur," ungkap Ila yang juga mantan Jurnalis Majalah Tempo.

 

Menurut dia, saat ini membuat media sangatlah mudah, tetapi mempublikasikan informasi yang mengandung kode etik jurnalis sudah sulit ditemui.

 

"Kita bisa melihat dari banyaknya media, tidak sampai setengahnya yang masih berpegang pada kode etik," jelasnya.

 

Dia menegaskan, kode etik adalah sesuatu yang sangat penting untuk kebenaran dan keseimbangan pada isi berita yang dipublikasikan.

 

"Semoga saja melalui Ma’had Sohafiyah ini kita bisa membentuk pelajar yang bisa mengerti kode etik dan bisa mensyiarkan Islam Rahmatan Lil Alamin melalui tulisan jurnalistik," harapnya.(Adw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Hima Akuntasi IIB Gelar Seminar Literasi Baha ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Himpunan Mahasiswa (Hima) Akuntansi I ...


LPM Pringsewu Bekerja Sama dengan LKP DMC Gel ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kabu ...


35 Anggota Paskibraka Provinsi Lampung Terpil ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seleksi Paskibraka Provinsi Lampung berl ...


4 Calon Paskibraka Lampung Selatan Lulus Ting ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Lamp ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com