Lampung Buka Pendaftaran Bea Siswa Studi Pariwisata di Polinela

Tanggal 24 Jan 2019 - Laporan - 4281 Views
Tanjung Setia Pesiisr Barat . Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Pemerintah Provinsi Lampung menyiapkan beasiswa untuk 40 putra putri terbaik Lampung mengikuti pendidikan pariwisata di Politeknik Negeri Lampung (Polinela). 

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo berharap lulusan pendidikan diploma 3 (D3) Program Studi Perjalanan Wisata di Polinela memiliki kemampuan global, salah satunya berupa penguasaan Bahasa Inggris. 

Dengan demikian, Lampung akan memiliki SDM pariwisata yang tangguh untuk menjawab kebutuhan tenaga kerja di bidang kepariwisataan.

"Jadi pihak kampus bisa menerapkan sistem studi yang memperkuat penguasaan praktek," ujar Ridho melalui rilis yang dikirimkan kepada redaksi Harian Momentum, Kamis (24-1-19).

Sementara Direktur Polinela Sarono, Senin (14-1-19) lalu mengatakan, mekanisme penerimaan mahasiswa baru jurusan pariwisata itu, melibatkan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Bappeda Provinsi Lampung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung. 

Selain itu, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Lampung, Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Chapter Lampung, dan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA). 

Beasiswa yang diberikan, diperuntukkan bagi 40 calon mahasiswa yang berasal dari Provinsi Lampung.

Program ini akan menerapkan sistem 3+2+1, yaitu tiga semester aktif di kampus, dua semester di industri, dan satu semester akhir di kampus atau industri, ujar Surono.

Dikatakannya, Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa internasional akan digunakan minimal 70 persen dalam kegiatan pembelajaran.

Sebelumnya Pejabat (Pj) Sekdaprov Hamartoni Ahadis mengatakan, Lampung membutuhkan SDM kepariwisataan. Daerah ini memiliki banyak objek wisata potensial  dengan kunjungan wisatawan yaitu 4,42 juta pada 2014 menjadi 13,4 juta pada akhir 2018.

"Ini membuktikan akselerasi kemajuan wisata ini harus diimbangi dengan SDM yang kuat," ujar Hamartoni.

Pendaftaran program ini dilakukan pada 4 Febuari - 8 Maret 2019 (untuk via pos) sedangkan pendaftaran langsung ke Polinela pada 4 Februari - 15 Maret 2019. 

Pengumuman calon lulus berkas pada 5 April 2019. Tes Tertulis dilaksanakan pada 22 April 2019. Tes Wawancara 23 April 2019 dan pengumuman yang diterima pada 30 April 2019. Registrasi akan dilaksanakan pada 6 - 10 Mei 2019.

Pendaftaran beasiswa Program Studi D3 Perjalanan Wisata adalah: 

1. Peserta mengisi formulir pendaftaran yang dapat diperoleh dari sekolah masing-masing, atau di Kampus Polinela atau dapat diunduh pada laman web pmb: http://pmb.polinela.ac.id atau http://pmb.polinela.jaraka.id 

2. Mendapatkan surat rekomendasi dari Dinas Pariwisata kabupaten/kota setempat. 

3. Mengirimkan atau mengantarkan langsung berkas pendaftaran ke Sekretariat PMB di Kampus Politeknik Negeri Lampung di Jalan Soekarno Hatta No. 10 Rajabasa, Bandar Lampung 35144 sampai dengan 15 Maret 2019.

Syarat pendaftar: 

1. Pendaftar memiliki nilai rata-rata raport kelas X, XI dan XII semester 1 masing-masing minimal 80,00 untuk SMA/MA dan 70,00 untuk SMK. 

2. Berdomisili di daerah setempat sesuai dengan KTP. 

3. Berusia tidak lebih dari 22 tahun pada saat mendaftar. 

4. Melampirkan foto copy raport, foto copy sertifikat/piagam/bukti lainya untuk prestasi di bidang olah raga dan seni, minimal tingkat Kabupaten. (ira)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com