Nanang Ermanto Buka Musrenbang Lamsel

Tanggal 19 Mar 2019 - Laporan - 558 Views
Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto membuka Musrenbang RKPD kabupaten setempat tahun 2019

Harianmomentum.com--Perencanaan pembangunan pada hakekatnya merupakan upaya pengambilan keputusan tentang program dan kegaiatan yang akan dilaksanakan pada waktu yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel)  Nanang Ermanto saat memnu Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kabupaten setempat. Kegiatan berlangsung di Aula Rajabasa, kantor pemkab setempat, Selasa (19-3-2019).

Menurut Nanang, saat ini dalam pelaksanaan pembangunan rakyat tidak hanya sebatas sebagai obyek. Lebih dari itu sebagai subyek atau bagian dari pelaku pembangunan.

Karena itu, penyusanan dan pelaksanaan program pembangunan harus melibatkan rakyat.

“Paradigma baru perencanaan pembangunan menempatkan rakyat sebagai subyek pembangunan. Karenanya pembangunan harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan juga harus melibatkan masyarakat dalam setiap prosesnya,” kata Nanang.

Dia juga menyampaikan, pada tahun anggaran 2019, Pemkab Lamsel telah mengimplementasikan aplikasi e-Planing dalam proses perencanaan  pembangunan mulai dari tingkat desa, kecamatan, organisasi perangkat daerah (OPD), serta pokok-pokok pikiran DPRD melalui e-Pokir.

“Dengan digunakannya aplikasi ini, saya berharap proses penyusunan perencanaan dapat dilakukan secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Sehingga, dokumen perencanaan yang dihasilkan lebih berkualitas,” kata Nanang.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Lamsel mencapai 5,46 persen pada tahun 2017 atau meningkat bila dibandingkan tahun 2016 yang hanya 5,22 persen. Angka itu juga lebih tinggi dari Provinsi Lampung yakni 5,17 persen dan nasional yang hanya sebesar 5,07 persen.

“Di tahun 2018, angka kemiskinan juga menurun menjadi 14,86 persen dari tahun sebelumnya sebesar 15,16 persen. Laju inflasi 2,39 persen di tahun 2018. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari 66,19 menjadi 66,95 ditahun 2017, yang menjadikan IPM kita berada diurutan ke-7 se-Provinsi Lampung,” paparnya.

Pembukaan musrenbang tersebut juga dihadiri Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Lampung  Hamartoni Ahadis mewakili Gubernur M Ridho Ficardo.

Pada kesempatan itu juga  diserahkan buku data distribusi dana dan lokasi pelaksanaan kegiatan Provinsi Lampung di wilayah Lamsel. Penyerahan dilakukan Pj Sekretaris Daerah Provinsi Lampung kepada Plt Bupati Lamsel.(alp)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


JCH Mesuji Berangkat Awal Juni ...

MOMENTUM, Mesuji--Jemaah calon haji (JCH) Kabupaten Mesuji dijadw ...


Dinas Perdagangan Metro Gencar Lakukan Penetr ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Perdagangan dan Pasar Kota Metro, gencar m ...


Karya Bakti Kodim 0424 Tanggamus Berlangsung ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Karya Bakti Kodim 0424 Kabupaten Tanggamus ...


Mekanisme Penggatian Kepala Sekolah Harus Ses ...

MOMENTUM, Metro--Mekanisme rolling atau pergantian kepala sekolah ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com