Distan Jamin Bandarlampung Aman Peredaran Formalin

Tanggal 20 Mar 2019 - Laporan - 782 Views
Petugas melakukan uji klinis makanan olahan hasil sidak di Kota Bandarlampung./ira

Harianmomentum.com--Dinas Pertanian (Distan) Kota Bandarlampung menjamin keamanan makanan olahan aman dari formalin atau bahan pengawet.

Hal itu disampaikan Kepala Distan Agustini usai inspeksi mendadak di sejumlah tempat penjualan makanan olahan di BandarLampung, Rabu (20-3-2019).

Agustini mengatakan, sidak ini dilakukan untuk menjaga konsumsi panganan warga, terutama untuk makanan yang berbahan dasar daging hewan. 

“Alhamdulillah tes cepat yang telah kita lakukan pada mie ayam dan bakso mas yon hasilnya tidak mengandung formalin dan babi. Sedangkan untuk boraks berada di bawah ambang batas, sehingga dapat dikatakan sangat aman dan halal," ujar Agustini di sela-sela sidak.

Dia melanjutkan, pemeriksaan terhadap beberapa tempat penjualan olahan makanan itu, merupakan agenda rutin tahunan Dinas Pertanian yang dilakukan dua kali dalam setahun. 

“Selama 2019 ini aman, tidak ada temuan hasil sidak kita di lapangan, di Bandar Lampung ini bagus karena tim kita dokter hewan selalu lakukan pengawasan dengan teliti,” kata dia.

Dari mie ayam dan bakso mas Yon, tim kemudian melanjutkan pemeriksaan penjualan dan olahan makan berbahan dasar daging yang berada di Carrefour Transmart Bandarlampung.

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Bandarlampung M. Rifki Fabillah mengatakan, tim tidak menemukan bakso yang berbahaya bagi kesehatan. 

"Untuk kategori formalin, setelah dicek nggak ada perubahan warna. Kalau untuk boraks juga aman karena nilainya di bawah 50 ppm (part per million) yang menjadi ambang batasnya," jelas dia.(ira)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Polisi Tangkap Dua Tersangka Perampokan di Pe ...

MOMENTUM, Penawartama--Tekab 308 Presisi Polres Tulangbawang bers ...


Polisi Tangkap Penembak Istri di Lampung Teng ...

MOMENTUM, Lampung--Satreskrim Polres Lampung Tengah dan Tim Jatan ...


Polsek Pakuanratu Beri Pemahaman Hukum kepada ...

MOMENTUM, Pakuanratu--Kepolisian Sektor Pakuanratu, Polres Waykan ...


Kejari Tetapkan Tersangka Korupsi PKBM di Tul ...

MOMENTUM, Menggala--Kejaksaan Negeri (Kejari) Tulangbawang meneta ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com