Humas Itera: Tender Proyek Gedung Labtek 2 Sesuai Prosedur

Tanggal 28 Jun 2019 - Laporan - 941 Views
Itera Lampung Selatan//ist

Harianmomentum.com--Divisi hubungan masyarakat (Humas) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Rizki Elinda Sary angkat bicara terkait laporan yang dilayangkan LSM Laskar Tentara Langit (Lantera) ke Kejaksaan Tinggi (Kejati Lampung).

Elin—sapaan Rizki Elinda Sary mengatakan, proses tender pembangunan Gedung Laboratorium Teknik (Labtek) 2 Itera telah sesuai ketentuan yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah.

"Itera selalu berkoordinasi dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam hal pembangunan sarana dan prasarana," kata Elin, mewakili pihak Itera saat memberikan hak jawabnya, Jumat (28-6-2019).

Begitu juga dalam pembangunan Gedung Labtek 2 Itera yang dananya bersumber dari SBSN tahun 2019 dengan pagu anggaran senilai Rp 42,3 miliar.

"Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti juga telah melakukan kajian secara komprehensif melalui kajian data dan kunjungan lapangan," jelasnya.

Hasil kajian tersebut tertuang dalam surat bernomor R/632/G.G4/PA.01.03/2019 tertanggal 20 Juni 2019. "Surat itu isinya menyebutkan bahwa proses tender pembangunan Gedung Labtek 2 tahun 2019 yang dimenangkan oleh PT Kembar Jaya Abadi telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku," terangnya.

Selain itu, kata Elin, Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti juga telah memberi rekomendasi untuk melanjutkan pembangunan sesuai dengan kontrak yang ada.

“Sebagai institusi pemerintah, kami memegang teguh peraturan yang berlaku dalam setiap tahapan pelelangan,” jelasnya.

Baca juga: Kasus Dugaan Pengondisian Proyek Itera Sampai di Kejaksaan

Namun, kata Elin, jika ada LSM atau organisasi kemasyarakatan (ormas) yang merasa ada ketidak sesuaian dalam proses tender Lebtek 2 lalu melaporkannya kepada pihak berwajib, Itera mempersilahkannya. Karena menurut dia, hal itu merupakan hak setiap warga negara.

“Kami sebagai institusi pemerintah tentu wajib hukumnya mengikuti peraturan perundang-perundangan," ujarnya.

Lebih lanjut Elin berharap agar pembangunan gedung Labtek 2 Itera berjalan lancar tanpa hambatan. Sebab, gedung tersebut sangat dibutuhkan sebagai tempat praktikum mahasiswa maupun kegiatan penelitian.

"Saat ini Itera baru memiliki satu unit gedung laboratorium teknik yang pembangunannya telah selesai pada tahun 2018 lalu," tuturnya.

Seiring dengan penambahan jumlah program studi yang diikuti, tentu saja kebutuhan akan laboratorium yang memadai akan terus meningkat. Sebab, jumlah mahasiswa baru Itera pada tahun 2019 ditargetkan mencapai 3.500 orang.

“Itera ini kan fokusnya pada bidang sains dan teknologi. Jadi kegiatan pendidikan dan penelitian sebagian besar dilakukan di laboratorium. Untuk itu kami sangat berharap pembangunan laboratorium ini dapat berjalan lancar dan dapat segera digunakan,” harapnya.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


KDRT, Oknum Polisi di Tanggamus Dilaporkan ke ...

MOMENTUM, Kotaagung--SA (27) istri sah dari seorang oknum anggota ...


Dugaan Korupsi di Tirtakencana, Polisi akan L ...

MOMENTUM, Panaragan -- Kasus dugaan korupsi di Tiyuh/Desa Tirtake ...


Sopir Truk Dianiaya Bang Jago Jalan Raya Buyu ...

MOMENTUM, Gunungsugih - Suhadi, sopir truk asal Waringinsari Timu ...


Penemuan Mayat Bayi, Pelakunya Masih Status P ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Polres Lampung Tengah menetapkan NN (17) ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com