Puncak Hari Bhayangkara, Polres Tanggamus Gelar Ziarah Makam Pahlawan

Tanggal 30 Jun 2019 - Laporan - 539 Views
Upacara peringatan HUT Bhayangkara ke 73 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia Kabupaten Tanggamus./ist

Harianmomentum.com--Puncak peringatan hari Bhayangkara ke 73 tahun 2019, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Tanggamus menggelar apel dan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia.

Apel dipimpin oleh Kapolres AKBP Hesmu Baroto, dengan komandan Kanit Dalmas Satuan Sabhara Ipda Sukarjo, sementara perwira upacara oleh Kapolsek Kotaagung AKP Muji Harjono, Sabtu (29-6-2019).

Ziarah makam dihadiri Pejabat Utama (PJU) Polres Tanggamus, Kapolsek, Dalmas bersenjata, personel gabungan Polsek dan Bhayangkari cabang setempat.

Prosesi dimulai dengan memberikan penghormatan awal kepada para pahlawan yang telah gugur saat berjuang merebut kemerdekaan serta anggota Polri ketika melaksanakan tugas. 

Kemudian, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga serta penghormatan terakhir kepada para pahlawan ditutup dengan memberikan doa kemudian rombongan menggelar tabur bunga.

Di lokasi nisan anggota Polri yang gugur dalam melaksanakan tugas yakni Aiptu (Anumerta) Ahmad Rizali Siregar, dipimpin Kabagren Kompol Misbahudin, tampak PJU Polres melantunkan ayat Suci Al-quran.

Usai ziarah makam, Kapolres AKBP Hesmu Baroto menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel yang hadir dalam rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke 73.

Dia berharap pada momen tersebut dapat mengenang jasa para pahlawan sebagai penyemangat dalam pelaksanaan tugas ke depan.

"Dalam ziarah yang merupakan rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke 73 ini dapat menjadikan personel Tanggamus lebih baik lagi dalam pelayanan kepada masyarakat sehingga Polri dicintai seluruh kalangan," ujarnya.

Untuk diketahui, salah satu personel Polres Tanggamus mendapatkan penghargaan sebagai pahlawan karena gugur dalam melaksanakan tugas.

Almarhum bernama Aiptu (Anumerta) M. Rizali Siregar (43). Semasa hidupnya menjabat sebagai Kepala Pos Polisi Adiluwih, Kecamatan Adiluwih, Pringsewu, Tanggamus.

Aiptu (Anumerta) M Rizali Siregar meninggal dunia saat melindungi tetangga rumahnya yang disatroni rampok pada 26 Januari 2009. Namun, M Rizali Siregar gugur ditembak perampok di halaman depan rumah Ahmad Syaefudin alias Udin Kribo.

Wakapolres Kompol Yuliansyah mengatakan, dalam kegiatan itu mendoakan para pahlawan yang sudah berjuang merebut kemerdekaan. “Ini kita lakukan dalam rangkaian HUT Bhayangkara,” kata Yuliansyah didampingi Kabag Sumda Kompol Rinaldi Eka Putra.

"Khusus tabur bunga di laut, baru pertama kali dilakukan sepanjang peringatan hari Bhayangkara di Polres Tanggamus. “Ya, memang untuk tabur bunga di laut ini pertama kali dilakukan. Sesuai dengan arahan pak wakapolda agar setiap polres yang ada lautnya melaksanakan tabur bunga,” kata dia.(glh/jal)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Modus Rental, Oknum Warga Tulangbawang Gondol ...

MOMENTUM, Lambukibang--Unit Reserse Kriminal ( Reskrim ) Polsek L ...


Polisi Tangkap Pembuang Bayi di Tanggamus ...

MOMENTUM, Tanggamus - Tekab 308 Polres Tanggamus berhasil mengung ...


Diduga Saling Ejek di Instagram, Tawuran Tewa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Aksi tawuran melibatkan dua kelompok rem ...


Niat Hati Kuasai Tanah Pasar, Kakam Bandarsar ...

MOMENTUM, Lampung Tengah--Persoalan kepemilikan tanah menjadi per ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com