PAN dan PDIP Buka Penjaringan Bacalon Kada

Tanggal 01 Jul 2019 - Laporan - 785 Views
Ilustrasi PDIP dan PAN//ist

Harianmomentum.com--Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Lampung akan membuka penjaringan bakal calon (bacalon) kepala daerah (kada) pada September 2019.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPW) PAN Provinsi Lampung Iswan H. Caya mengatakan, saat ini pihaknya sedang membentuk tim yang akan menangani proses persiapan menuju pemilihan kepada daerah (pilkada) serentak delapan kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Kedelapan wilayah tersebut yaitu: Bandarlampung, Metro, Pesawaran, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Pesisir Barat dan Lampung Timur serta Waykanan.

“Kita sudah mulai membentuk tim yang akan mensupervisi di masing-masing wilayahnya. Pembentukan tim supervise ini sesuai dengan pedoman dari partai terkait kesiapan PAN dalam menghadapi pilkada,” kata Iswan saat diwawancarai harianmomentum.com, Senin (1-7-2019).

Ketua Tim Supervisi DPW PAN Lampung itu mengatakan, pihaknya membuka peluang lebar bagi seluruh masyarakat Lampung yang ingin mendaftarkan dirinya dalam penjaringan bakal calon kepala daerah dari PAN.

“Seluruh anak bangsa di masing-masing daerah bisa berpartisipasi untuk menjadi calon kepala daerah, untuk itu kita membuka-seluas luasnya kesempatan tersebut,” jelasnya.

Menurut dia, penjaringan bakal calon kepala daerah rencananya dibuka pada September 2019. “Saat ini kita masih menunggu tahapan Pilkada 2020 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU),” ujarnya.

Soal koalisi, PAN Lampung menyerahkannya kepada masing-masing Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN di masing-masing wilayah.

“PAN perlu berkoalisi dengan partai politik lain. Untuk itu kita juga membuka peluang selebar-lebarnya,” jelasnya.

Terkait sosok kader internak yang bakal dimajukan dalam Pilkada 2020, Iswan belum dapat membeberkannya. Sebab menurut dia, hal tersebut harus berdasarkan mekanisme partai.

“Soal siapa kandidatnya belum kita bahas, sebab mekanismenya masih panjang. Yang jelas kita buka peluang selebar-lebarnya, untuk kader internal maupun eksternal,” jelasnya.

Bukan hanya PAN yang bakal membuka penjaringan bacalon kada pada September 2019. Menurut Ketua DPD PDIP Provinsi Lampung, Sudin, pihaknya juga akan membuka penjaringan pada September 2019.

“Kita akan membuka penjaringan setelah kongres PDIP selesai. Kongres pada 8 Agustus, maka kemungkinan di awal Septemberm tahapan-tahapan (penjaringan) sudah bisa dilakukan,” kata Sudin.

Soal koalisi, Sudin menyatakan bahwa PDIP membuka peluang kepada semua partai politik (parpol) yang ingin bergabung.

“Saat ini semua ketua partai (tingkat DPC) sudah saya perintahkan untuk menjalin komunikasi dengan parpol lain,” ujarnya.

Terkait kader internal yang akan maju dalam Pilkada 2020, menurut Sudin sudah ada beberapa kader yang meminta izin padanya.

“Untuk di Kota Bandarlampung banyak yang mau nyalon, ada Eva ada juga yang lainnya. Mereka sudah menjalin komunikasi terkait hal tersebut dan saya persilahkan. Itu adalah hak mereka (mencalonkan diri),” ungkapnya.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


PENGUMUMAN PENDAFTARAN PESERTA CALON ANGGOTA ...

PENGUMUMANPENDAFTARAN PESERTA CALON ANGGOTA PANWASLU KECAMATANDAL ...


RMD: Lampung Maju dan Lebih Baik Bersama Geri ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Partai Gerindra secara resmi dinyatakan ...


Konser Musik Hanan dan Ririn di Lapangan Amba ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Ribuan warga memadati lapangan Pekon Ambar ...


KPU Lampura Tetapkan 45 Caleg Terpilih Pemilu ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampu ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com