Dua Srikandi Petahana Ramaikan Bursa Seleksi KPU Provinsi

Tanggal 30 Jul 2019 - Laporan - 955 Views
Anggota KPU Lampung Tengah Mutmainah (kanan) dan anggota KPU Lampung Selatan Sri Fatimah//ist

Harianmomentum.com--Dua srikandi petahana turut meramaikan bursa seleksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung.

Keduanya: anggota KPU Lampung Tengah Mutmainah dan anggota KPU Lampung Selatan Sri Fatimah. Mereka mengirimkan berkas pendaftaran ke sekretariat Tim Seleksi (Timsel) KPU Lampung di Ruang Bugenvil, Bukitrandu pada Selasa (30-7-2019).

Anggota KPU Lampung Tengah Mutmainah mengatakan, dia sudah bekerja di KPU selama hampir 10 tahun alias dua periode. Sehingga, jati diri seorang penyelenggara pemilu sudah melakat padanya.

Hal itu yang membuatnya terpanggil untuk turut dalam seleksi calon komisioner KPU Provinsi Lampung periode 2019-2024.

“Banyak hal yang dapat diperbuat saat saya menjadi penyelenggara selama dua periode ini, khususnya agar pemilihan dapat sesuai dengan aturan yang berlaku. Jadi perempuan itu harus bisa berbuat sesuatu,” kata Mutmainah kepada harianmomentum.com, Selasa (30-7).

Dia menuturkan, rutinitasnya yang padat sebagai penyelenggara pemilu tak menyebabkan suami dan anak-anaknya cemburu, apa lagi mengeluh.

“Saya bekerja di KPU sudah 10 tahun, jadi keluarga juga sudah paham. Suami mendukung, anak-anak juga tidak merasa terabaikan, malah mereka bangga ibunya bisa berpartisipasi sebagai penyelenggara pemilu,” tuturnya.

Untuk menghadapi serangkaian tes, Mutmainah sudah mempersiapkan diri, khususnya untuk menghadapi ujian tertulis dengan sistem CAT (computer assisted tes).

“Yang jelas perlu banyak dibaca tentang Undang-undang pemilu, dan peraturan lainnya,” ucapnya.

Baca juga: Dua Ketua KPU Kabupaten Optimistis Lolos Seleksi

Hal senanada disampaikan anggota KPU Lampung Selatan Sri Fatimah. Fatimah mendaftarkan diri di tingkat KPU Provinsi sebab dia sudah dua periode menjabat di kabupaten Lampung Selatan.

Sebagaimana aturan yang berlaku, komisioner KPU yang sudah dua periode menjabat tidak diperkenankan untuk mendaftar di tingkatan yang sama.

“Sudah dua periode menjabat di kabupaten, sekarang mencoba naik ke level diatasnya,” kata Sri Fatimah melalui pesan whatsapp.

Keinginannya untuk kembali menjadi penyelenggara didorong oleh kebiasaan dan hati nuraninya, yang selama ini terus bergeliat di dunia kepemiluan.

“Dunia kepemiluan sudah menjadi bagian dari kegiatan saya selama ini. Jadi mencoba untuk tetap bisa menjadi bagiannya lagi, tapi ditingkat provinsi,” ungkapnya.

Sama seperti Mutmainah, Sri Fatimah juga sudah mulai mempersiapkan diri dalam mengikuti seleksi, mulai dari tes tertulis (CAT), kesehatan, psikologi dan serangkaian tes lainnya.

“Seperti yang lain, persiapannya membaca undang-undang dan lainnya,” ujarnya.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Baliho Cagub Colong Star Kampanye, Bawaslu Ta ...

MOMENTUM, Tanggamus-- Terdapat beberapa titik baleho salah satu C ...


Kasat Reskrim Ingatkan Anggota PPK untuk Jala ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Kasat Reskrim Polres Tanggamus Iptu Muhamm ...


KPU Tanggamus Lantik 100 Anggota PPK untuk Pi ...

MOMENTUM, Tanggamus --  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamu ...


Made Bagiasa Siap Ramaikan Pilbup Lamteng ...

MOMENTUM, Bandarlampung--I Made Bagiasa, anggota DPRD Provinsi La ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com