Kadisdikbud Pastikan BOSDA Akomodir Siswa Kurang Mampu

Tanggal 06 Jul 2017 - Laporan - 1129 Views
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung Sulpakar usai rapat koordinasi percepatan peningkatan mutu pendidikan Provinsi Lampung tahun 2017 di Lambaga Penjamin Mutu Pendidikan, Kamis (6/7). Foto: Ira.

Harianmomentum - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung Sulpakar memastikan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) bisa mengakomodir siswa dari keluarga ekonomi kurang mampu pada jenjang pendidikan SMA dan SMK/sederajat.

Bukan hanya bagi siswa sekolah negeri seperti yang sudah berjalan pada beberapa kabupaten/kota yang sebelumnya sudah menggratiskan siswa, namun siswa pada sekolah swasta juga yang selama ini kurang mendapat perhatian.

“Ini amanat Gubernur Lampung Bapak Ridho Ficardo yang menjadikan BOSDA ini sebagai salah satu program prioritas Pemerintah Provinsi Lampung bidang pendidikan. Yaitu untuk memberikan akses kepada masyarakat dari keluarga ekonomi belum mampu dapat bersekolah dan meningkatkan kualitas pendidikannya,” ujar Sulpakar usai rapat koordinasi percepatan peningkatan mutu pendidikan Provinsi Lampung tahun 2017 di Lambaga Penjamin Mutu Pendidikan, Kamis (6/7).

Oleh karena itu, jelas mantan Plt. Wali Kota Bandarlampung ini, mekanisme penyeleksian calon peserta didik penerimanya pun harus betul-betul selektif dan tepat sasaran. Apalagi pada tahun ajaran 2017 ini, BOSDA-nya baru dianggarkan untuk empat kabupaten/kota.

Masing-masing Bandar Lampung, Waykanan, Lampung Barat, dan Lampung Utara yang sebelum pengelolaan SMA dan SMK-nya diambil alih Provinsi memang sudah menjalankan program biling namun belum maksimal. Untuk itu Pemprov Lampung telah mengalokasikan dana Rp 75 miliar.

"Bantuan tersebut merupakan upaya membantu siswa dari keluarga kurang mampu melalui seleksi, sehingga kualitas pendidikan terjaga. Ditargetkan pada 2018 mendatang kabupaten/kota lainnya juga akan diikutkan dalam BOSDA ini," kata dia. (ira)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Hima Akuntasi IIB Gelar Seminar Literasi Baha ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Himpunan Mahasiswa (Hima) Akuntansi I ...


LPM Pringsewu Bekerja Sama dengan LKP DMC Gel ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kabu ...


35 Anggota Paskibraka Provinsi Lampung Terpil ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seleksi Paskibraka Provinsi Lampung berl ...


4 Calon Paskibraka Lampung Selatan Lulus Ting ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Lamp ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com