Tanggamus Luncurkan Program Satu Pekon Satu Ambulans

Tanggal 17 Agu 2019 - Laporan - 675 Views
Bupati Tanggamus Dewi Handajani secara simbolis menyerahkan kunci mobil ambulans kepada selah seorang kepala pekon/desa

MOMENTUM, Kotaagung--Pemerintah Kabupaten Tanggamus meluncurkan program satu pekon/desa satu ambulans. Peluncuran program tersebut ditandai dengan penyerahan simbolis kunci mobil ambulans oleh Bupati Dewi Handajani kepada salah seorang kepala pekon/desa.

Penyerahan kunci mobil ambulans itu dilakukan usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia, di Lapangan Merdeka, Kecamatan Kotaagung, Sabtu (17-8-2019).

Bupati Dewi Handajani mengatakan, program satu pekon satu ambulans merupakan upaya Pemkab Tanggamus untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Menurut bupati, pengadaan mobil ambulans tersebut dilakukan melalui sharing dana APBD Kabupaten Tanggamus dan Dana Desa di tiap pekon/desa.

"Dulu ada angggapan, apakah bisa satu pekon satu ambulas. Sekarang kita buktikan, itu bisa," kata bupati.

Menurut bupati, realisasi pengadaan mobil ambulans akan dilakukan secara bertahap. Saat ini, ada seratus unit mobil ambulans yang sudah direalisasikan.

"Untuk pekon-pekon yang tidak memilik akses jalan darat, seperti pekon yang berada di wilayah pulau, akan kita berikan ambulans dalam bentuk perahu," terangnya.

Dia berharap, program satu pekon satu ambulans dapat semakin mempercepat keberhasilan upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Pemkab Tanggamus juga telah melucurkan program Kartu Lansia Tanggamus. Program tersebut merupakan bentuk pelayanan kesehatan untuk warga lanjut usia. Di tiap pekon, ditempatkan satu kadera kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga lanjut usia. (glh/jal)      


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com