Pendatang Baru Ini Sukses ke DPRD Lampung Berkat Silaturahmi

Tanggal 27 Agu 2019 - Laporan - 3040 Views
Anggota DPRD Provinsi Lampung terpilih dari dapil lima, Soni Setiawan//acw

MOMENTUM, Bandarlampung--Baru setahun terjun ke dunia politik, Soni Setiawan berhasil lolos ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung bersama 84 legislatif lainnya.

Menurut anggota legislatif (aleg) asal daerah pemilihan (dapil) lima: Lampung Utara dan Waykanan itu, kiat suksesnya hanyalah silaturahmi.

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Waykanan itu menuturkan, 2018 menjadi tahun perdananya masuk ke dunia politik.

“Alhamdulillah, saat itu saya langsung mendapat amanah untuk menjadi sekretaris DPC PKB Waykanan,” ujarnya kepada harianmomentum.com di Kantor DPC PKB Bandarlampung, Selasa (27-8-2019).

Saat memasuki tahapan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Soni mendapat banyak dorongan dari kader PKB maupun rekan-rekannya untuk turut dalam pesta rakyat lima tahunan itu.

“Akhirnya pada Pileg 2019 saya dicalonkan untuk maju sebagai calon legislatif Provinsi Lampung dari dapil lima, bahkan saya mendapat nomor urut satu,” tuturnya.

Selama masa kampanye, Soni terus menyapa masyarkat. Terkadang, dia tak sungkan untuk mengetuk pintu rumah masyarakat, sekedar memohon doa dan dukungannya.

“Kadang saya silaturahmi dari rumah ke rumah. Kadang juga silaturahmi dengan jemaah, dalam acara yasinan, maupun acara lain yang diselenggarakan masyarkat. Intinya saya terus menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh elemen masyarkat,” tuturnya.

Menurut dia, kebiasaan menyapa masyarakat sudah sejak lama dilakoninya. Sebab, walau pun terbilang baru di dunia politik, namun aktifitas keorganisasian rutin dilakukannya. Berbagai organisasi kemudaan digelutinya, bahkan sejak diperkuliahan.

“Dulu saat kuliah saya di PMII. Kemudian saya juga pengurus Gerakan Pemuda Ansor, Pemuda Pancasila dan KNPI,” sebutnya.

Kecintaannya terhadap dunia keorganisasian memberikan bekal tersendiri baginya. Dari situ, dia banyak belajar tentang pergaulan dan cara bermasyarkat yang baik.

“Kalau saya intinya komunikasi politik dan pergaualan yang sehat serta bermasyarakat yang baik, itu salah satu kunci keberhasilan saya (menang pileg). Kalau bahasa di Nahdliyin (warga NU) silaturahmi lah,” ungkapnya.

Kebiasannya bersilaturahmi dengan masyarakat akhirnya berbuah manis. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung menetapkan Soni sebagai salah satu aleg terpilih pada Pileg 2019.

“Di dapil lima total suara keseluruhan PKB mencapai 39 ribu dan menempatkan satu kursi di DPRD Lampung,” ujarnya.

Dari beberapa calon legislatif (caleg) PKB saat itu, Soni mendapat perolehan terbanyak, 11 ribu suara.

“Alhamdulillah saya mendapat kepercayaan dari masyarkat. Insyaallah akan saya emban amanah ini dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Setelah dilantik pada September mendatang, Soni bersiap melaksanakan amanah rakyat yang diembannya.

“Saya siap mengawal kebijakan birokrasi yang bersifat kemasyarkaatan. Kita akan turun langsung ke masyarakat untuk turut mengawasi program pemerintah,” jelasnya.

Jika program itu pro rakyat, sambung dia, maka akan terus didorong agar menyentuh ke seluruh lapisan masyarkaat.

“Tapi kalau tidak berpihak kepada masyarkat, maka tugas kami adalah membenahinya,” ujarnya.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Baliho Cagub Colong Star Kampanye, Bawaslu Ta ...

MOMENTUM, Tanggamus-- Terdapat beberapa titik baleho salah satu C ...


Kasat Reskrim Ingatkan Anggota PPK untuk Jala ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Kasat Reskrim Polres Tanggamus Iptu Muhamm ...


KPU Tanggamus Lantik 100 Anggota PPK untuk Pi ...

MOMENTUM, Tanggamus --  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamu ...


Made Bagiasa Siap Ramaikan Pilbup Lamteng ...

MOMENTUM, Bandarlampung--I Made Bagiasa, anggota DPRD Provinsi La ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com