Kemenag Tanggamus Luncurkan Program Wakaf Tunai

Tanggal 16 Sep 2019 - Laporan - 605 Views
Peluncuran program Wakaf Tunai di MTsN 1 Kabupaten Tanggamus

MOMENTUM, Kotaagung--Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanggamus meluncurkan perogram  Wakaf Tunai. Peluncuran berlangsung  di MTsN 1 Tanggamus,Kecamatan Kotaagung, Senin(16-9-2019).

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Tanggamus Muhamad Hasan Basri mengatakan, prgram wakaf tunai bertujuan menanamkan kepedulian ssosial masyarakat khususnya para pelajar untuk membantu sesama yang membutuhkan.

"Wakaf Tunai dilakukan dalam bentuk infak uang tunai, harta lancar yang berupa modal financial yang hasilnya akan dipergunakan untuk kemaslahatan umat," kata Hasan Basri mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus.  

Menurut dia, wakaf tunai punya sejumlah keunggulan dibanding dengan wakaf konvensional, antara lain: arah wakaf tunai bersifat produktif yang hasilnya dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan atau kepentingan umum, seperti pendidikan, riset, rumah sakit dan lain-lain.

Jangkauan mobilisasi wakaf tunai jugajauh lebih merata kepada semua bagian masyarakat. Sasaran pemberi wakaflebih luas, atau siapa saja dapat menjadi wakif karena wakaf dapat diberikan mesk pun dalam jumlah dana yang terbatas.

"Konteks implementasi wakaf tunai di madrasah memilik dua sasaran:  pertama, memberi manfaat bagi upaya menggalang potensi dana wakaf yang ada di madrasah. Kedua, program wakaf tunai bagian dari upaya edukasi kepada warga madrasah, terutama para siswa tetang pemahaman dan tujuan wakaf," terangnya.

Kepala  MTsN 1 Tanggamus Fathul Bari menyambut baik pelucuran program tersebut. Menurut dia, program wakaf tunai dapat  menggugah warga madrasah untuk lebih kontribusi dalam penggalangan dana untuk pengembangan umat.

"Wakaf Tunai ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,serta memfasilitasi berbagai sarana pendukung ibadah seperti, masjid, sekolah, rumah sakit dan fasilitas lainnya," kata Fathul (glh/jal)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Marindo Serahkan Bantuan Warga Tertimpa Musib ...

MOMENTUM,Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu memberikan ban ...


Peduli Sesama, Pemuda Pancasila Lampura Berba ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pemuda Pemuda Pancasila Kabupaten Lampung U ...


Kolaborasi dengan RKR, PWI Waykanan Berbagi R ...

MOMENTUM, Baradatu--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten ...


LPM Pringsewu Berbagai Sembako kepada Keluarg ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Elemen masyarakat yang tergabung di Lembag ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com