Tubaba akan Bangun Museum Etnografi

Tanggal 22 Sep 2019 - Laporan - 862 Views
Bupati Rejanglebong Hijazi menyambut kedatangan Bupati Tubaba Umar Ahmad dalam rangka survey pendokumentasian rencana pembangunan Museum Entnografi Sumatera

MOMENTUM, Panaragan--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung, akan membangunan Museum Etnografi Sumatera.

Terkait rencana tersebut, Bupati Tubaba Umar Akhmad bersama aristek Gede Krisna (penggiat etnografi) dan sejumlah organisasi perangkat daerah terkait, mulai melakukan survey ke sejumlah daerah di Pulau Sumatera.

Survey tersebut sebagai upaya pedokumentasian barang-barang yang akan menjadi koleksi museum.

Museum Etnografi itu nantinya akan menjadi sarana pendokumentasian sekaligus sarana penelitian ilmiah perkembangan sejarah, antropologi dan sosial budaya masyarakat di Pulau Sumatera.

Survey rombongan Bupati Tubaba itu dimulaui Kamis (19-9-2019) menuju Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. 

Arsitek Gede Kresna mengatakan, Kabupaten Ogan Ilir menjadi salah satu sasaran survei karena masyarakatnya  dikenal memiliki keahlian dalam merancang bangunan konstruksi kayu. Di kabupaten itu juga  masih terdapat banyak rumah-rumah kayu berusia di atas 100 tahun, lengkap dengan perabotannya. 

Dari Kabupaten Ogan Ilir, survey dilanjutkan  ke Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan.

Masyarakat kota yang terletak di Kaki Gunung Dempo itu dikenal masih kental  nilai-nilai budaya termasuk penggunaan peralatan tradisional dalam kehidupan sehari-hari.

Di Kota Pagar Alam, tim survey juga mengunjungi kawasan cagar budaya komplek megalitikum di Dusun Tegurwangi, Kecamatan Dempo Utara.

Dari Sumatera Selatan, rombongan melanjutkan survey ke Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu. Rombongan diterima Bupati Rejanglebong Hijazi didampingi Wakil Ketua Lembaga Adat setempat Ahmad Faizir, Sabtu (21-9-2019). 

Bupati  Rejanglebong Hijazi mengapresiasi dan sangat mendukung rencana Pemkab Tubaba membangun Museum Etografi Sumatera. Menurut dia, hal tersebut sejalan dengan program pemkab setempat dalam bidang pelestarian kebudayaan.  

Wakil Ketua Lembaga Adat Rejanglebong Ahmad Faizir memaparkan sejarah singkat kehidupan budaya masyarakat setempat.

Bupati Tubaba Umar Ahmad berharap dukungan dari Pemkab Rejanglebong terhadap rencana pembangunan Museum Etnografi Sumatera.

"Survey ini dalam rangka pendokumentasian untuk koleksi museum.  Museum Etnografi ini akan menjadi sarana pendidikan dan penelitian terhadap kebudayaan masyarakat di Pulau Sumatera, termasuk di Kabupaten Rejanglebong. Karena itu, kami berharap dukungan dari pemkab dan masyarakat Rejanglebong untuk kelancaran proses pembangunan Museum Etnografi Sumatera di Kabupaten Tulangbawang Barat," kata bupati. Survevy rombongan Bupati Tubaba akan berlanjut hingga ke Provinsi Aceh.  (sln)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Mahasiswa FEBI UIN RIL Jadi Presenter di Konf ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Lima belas mahasiswa Fakultas Ekonomi d ...


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com